Ekonomi Membaik, IHSG Menguat 4.740,73

Seorang pialang memperhatikan papan informasi.(Ilustrasi Foto : Istimewa). ilustrasi (Foto : Istimewa).

Pada perdagangan saham Selasa (16/2), Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada level 4.740,73 atau menguat 0.55%. Kenaikan tersebut dinilai Head of Research KDB Daewoo, Taye Shim sebagai efek dari perbaikan ekonomi di Indonesia dan berkurangnya tekanan dari kondisi makro global.

"Kakuatan tersebut bersumber dari sinergi yang positif antara pemerintah dengan Bank Indonesia dalam menentukan kebijakan ekonomi yang tepat. Salah satunya dengan adanya sinyal penurunan BI Rate,” jelas Taye, di Jakarta.

Sementara itu, analis KDB Daewoo Securities Indonesia Heldy Arifien dalam risetnya menjelaskan penguatan sejumlah saham unggulan seperti; HMSP GGRM UNVR ICBP, menjadi pendorong utama sektor konsumer untuk menguat 1.15%, yang sekaligus salah satu menjadi lokomotif penggerak terhadap kenaikan IHSG.

“Arus dana asing kembali menyemarakan aktifitas perdagangan kemarin, sebagaimana tecatat akumulasi mencapai Rp 1,8 triliun di seluruh papan perdagangan,” jelas Heldy.

Taye menambahkan realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV tahun 2015 yang mencapai 5,0% menjadi perkembangan positif bagi penguatan IHSG. Angka tersebut lebih tinggi dari yang di perkirakan hanya 4,8%. Karena itu, pasar menilai pemerintahan saat ini cukup serius dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Mengenai target IHSG, Taye merevisi untuk target tahun ini dari yang tadinya di level 4.120-4.809 menjadi 4.613-5.353. Menurutnya, target tersebut memperhitungkan Price to Book ratio (P/B) sebesar 2,7 kali sebagai skenario paling optimis, dan 2,3 kali P/B sebagai target pesimistis. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)