Ekosistem Bisnis Stabil, Melbourne Diganjar 3 Penghargaan

Kota Melbourne rupanya tengah mengalami masa kejayaan. Sebanyak 3 kali berturut-turut, New York-nya Australia ini dinobatkan sebagai Kota Layak Huni Terbaik dunia menyisihkan 139 kota responden lainnya di seluruh dunia versi Survey Economist Intelligence Unit’s (EIU) Global Liveability terbaru. Sebelumnya ibukota dari Negara Bagian Victoria, Australia ini juga sukses meraih gelar kota layak huni terbaik dari Vancouver, dan mempertahankannya hingga satu dekade. 

Survey yang menjadi bagian dariWorldwide Cost of Living Survey ini menilai bagaimana sebuah kota dikatakan layak huni dengan menggunakan 5 parameter utama, yaitu stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Melbourne meraih poin tinggi untuk seluruh kategori tersebut, serta memiliki catatan penting dari sisi investasi berkelanjutan untuk pengembangan infrastruktur. Contoh konkretnya seperti investasi jalur sepeda yang sampai saat ini masih terus dilakukan.

Tim Dillon, Komisaris Victoria untuk Asia Tenggara Tim Dillon, Komisaris Victoria untuk Asia Tenggara

Tim Dillon, Komisaris Victoria untuk Asia Tenggara juga memperkuat analisis hasil indeks yang pada akhirnya bermuara ke lingkungan bisnis. "Melbourne mewakili keragaman budaya, paduan olahraga serta hiburan yang digabungkan dengan layanan kesehatan dan pendidikan kelas atas. Selain itu, lingkungan bisnis Melbourne adalah salah satu yang paling stabil dan produktif di dunia. Contohnya, Melbourne juga dikenal sebagai pusat wine dan kuliner dunia serta tempat perbelanjaan dan hiburan terbaik di Australia," ujar Komisaris Dillon.

Kunci sukses lainnya terletak pada kepekaan Melbourne menangkap pengunjung dari berbagai belahan dunia yang berpeluang mendukung perputaran roda bisnisnya, termasuk umat muslim. Hal ini tergambar dari tersedianya pusat makanan dan minuman halal yang terdapat di sepanjang kota seperti Sidney Road, Brunwick.

"Pemerintah Victoria terus mendukung perkembangan berbagai event internasional yang dapat menarik pengunjung asing sepanjang tahun. Selain itu, tenaga kerja yang terampil dan inovatif di Melbourne dapat menciptakan lingkungan bisnis yang kompetitif dan membuat Melbourne sebagai salah satu kota yang paling dinamis di dunia," tambahnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)