Facebook Sarankan Brand Tetap Terhubung dengan Konsumen

Ilustrasi branding di platform Facebook. (dok. cdgbrand.com)

Di tengah penyebaran pandemi Covid-19, masih ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh merek dan UKM untuk berhubungan secara efektif dengan pelanggan mereka, sehingga dapat menempatkan bisnis pada posisi yang tepat untuk menghadapi masa pemulihan.

Dalam situasi seperti ini, ketika menjaga jarak (social distancing) menjadi sebuah norma baru, pemilik bisnis dan merek perlu untuk tetap terhubung dengan pelanggan di luar transaksi yang dilakukan. Menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini.

Facebook bersama Kantar sebelumnya telah melakukan survei online terhadap 951 responden di Indonesia untuk memahami bagaimana orang menyambut bulan Ramadan dan perubahan aktivitas mereka sehari-hari selama bulan ini.

Diyakini merek dan UKM mampu menjangkau lebih banyak orang dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek mereka, melalui cara yang lebih dekat dan efektif. “Tetapi, kami juga menyadari bagaimana virus Corona ini telah membawa dampak bagi merek dan UKM di seluruh dunia,” kata Hilda Kitti, Head of Marketing untuk Indonesia di Facebook dalam live konferensi pers, (26/3/2020).

Dengan demikian, penting bagi bisnis untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan pelanggan mereka. “Misalnya, untuk konteks saat ini akan sangat tepat jika aktivitas branding dilakukan dalam bentuk dukungan dan kepedulian untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tambah Hilda.

Beberapa temuan menarik lainnya terkait survei menyambut bulan Ramadan adalah 83% masyarakat Indonesia mengatakan bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Kemudian, 93% responden setuju bahwa Ramadan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Serta 89% responden juga sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadhan. Dan terakhir, 98% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan menggunakan setidaknya satu aplikasi Facebook.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)