Fans Terbesar: OLX, Follower Terbanyak: Kaskus

Firma riset media sosial, Sotrender dan Joy Intermedia, merilis laporan tren Facebook Fanpage dan Twitter di Indonesia untuk Januari 2015. Laporan tersebut berisi data jangkauan, keterlibatan dan konten untuk 9 industri yang berbeda di Indonesia. Yang menarik, dari laporan tersebut industri teknologi dan telekomunikasi terlihat mendominasi.

Untuk Facebook fanpage, situs e-commerce OLX memiliki jumlah fans terbesar mencapai lebih dari 7,5 juta disusul BlackBerry di angka 4,6 jutaan. OLX.com masih di puncak dengan total Likes dan kenaikannya mencapai 48%. “Lonjakannya mungkin karena merger antara OLX dengan mantan kompetitor utamanya, Berniaga.com. “Ini juga mungkin yang menyebabkan jumlah fans Berniaga.com FB stagnan,” kata Rachmad Octaviadi, Account Director FleishmanHillard dalam rilisnya.

Yang juga menarik, Blackberry masih mampu menjaga jumlah Likes terbesarnya di posisi kedua meskipun pangsa pasarnya di Indonesia merosot tajam. Sementara, XL ada di peringkat keempat dengan kenaikan tipis jumlah Likes. Di posisi ketiga ada Yamaha Motor, namun setelah itu ada XL Rame dan Berniaga. Semuanya berbagi isu serupa yaitu keterlibatan masyarakat. Setiap posting berisi tak hanya komentar terkait, tapi juga sentimen negatif yang akhirnya hilang begitu saja karena tak direspon.

Tren Media Sosial Tren Media Sosial

Merek yang paling memiliki keterikatan (engagement) dengan fans adalah Samsung Mobile Indonesia. Disusul, Garnier Indonesia, Rexona, Nutrisari, dan Pond's Indonesia di lima besar. Tak kalah menarik, laman yang paling memiliki keterikatan (engagement) bukan menjadi milik 10 merek dengan FB fanpages terbesar, kecuali untuk Lazada.

“Mungkin, bisa dibaca sebagai tanda sebagian besar brand belum siap menghadapi kenaikan eksponensial di laman FB mereka. Semakin banyak halaman, seharusnya perusahaan (atau agensi digital yang disewa) bisa mengelola laman FB dengan lebih baik,” katanya.

Telkomsel adalah perusahaan yang paling responsif saat menerima feedback dari pengguna. Disusul, Tokopedia, OPPO Indonesia, Acer Indonesia, dan Yamaha Motor Indonesia di lima teratas.

Tren Media Sosial Tren Media Sosial

Untuk Twitter, forum komunitas Kaskus memiliki follower tertinggi yakni lebih dari 2 juta. Disusul, XL Axiata di angka 1 jutaan dan Samsung Indonesia sebesar 830 ribu. Operator Telkomsel, yang pelanggannya paling banyak yakni 140 juta, tumbang oleh XL Axiata dengan follower separuhnya yakni 583 ribu.

Sementara, merek yang paling memiliki keterikatan (engagement) dengan follower adalah Indosat. Disusul, Kaskus, Telkomsel, Samsung Indonesia, dan Smartfren. Operator pelat merah, Telkomsel berjaya di kategori merek yang paling banyak di-mentioned di Twitter. Disusul, KFC Jagonya Ayam!, PizzaHut ID Official, Starbucks Indonesia, dan Yamaha Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)