Gawat, 77% Karyawan Tak Puas Dengan Tunjangan yang Diterima

Ada fakta mengejutkan di balik Survei bertajuk “Kepuasan Anda Terhadap Tunjangan dan Fasilitas yang Diterima.” Survei yang dilakukan JobStreet.com selama Desember 2015-Januari 2016 ini, menemukan 77,34% karyawan tidak puas dengan tunjangan dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan.

Karyawan menuntut tunjangan sebagai faktor utama pendukung pekerjaannya. Bentuk tunjangan yang diberikan antara lain konsumsi, periode cuti berkala, liburan atau transportasi.Sebanyak 52,16% mengatakan bahwa tunjangan hari raya menjadi alat utama bagi perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan.

Tapi, 83,94% responden menganggap perusahaan tidak mengganggap prestasi seorang pegawai sebagai pertimbangan untuk mendapat tunjangan tambahan. Faktanya, 22,30% berharap diberikan tunjangan transportasi, 10,15% ingin mendapat tambahan tunjangan konsumsi dan 4,81% ingin mendapat tunjangan telekomunikasi.

Indonesia memiliki sekitar 170 juta atau 68% penduduk usia produktif. Bonus demografi ini belum dimanfaatkan dengan optimal. Begitu pula dengan kelas menengah yang mencapai sekitar 60 juta. Dengan kebijakan yang tepat dan pengelolaan yang baik, ekonomi Indonesia mestinya bisa bertumbuh di atas 6% per tahun. karyawan tengah beristirahat untuk makan siang.

Menurut Pefner, Pemberian bonus dalam bentuk finansial bisa berdampak bagus terhadap kenaikan motivasi bekerja (2011). Sayang, 73% responden hanya menerima tunjangan satu kali dalam setahun. Jelas, dampaknya tidak akan signifikan. Dari survei, hanya 14,10% responden yang menerima bonus 2 kali dan 6,06% responden yang mendapatkan tunjangan lebih dari 4 kali.

Profesor Jeffrey Pfeffer dari Standford Graduate School of Business menilai, jumlah bonus yang diberikan harus dianggap cukup oleh karyawan (2007). Perusahaan dapat menyesuaikan jumlahnya dengan mempertimbangkan faktor kinerja pegawai serta perusahaan dalam jangka waktu 12 bulan untuk mempertahankan serta meningkatkan kepuasan karyawan.

Survei JobStreet ini juga menunjukkan hanya 13% responden yang dianggap perusahaan pantas menerima tunjangan dengan menunjukkan loyalitas. Sebanyak 37% responden menyatakan kalau mereka telah bekerja di perusahaan tersebut lebih dari tiga tahun.

Phaneuf menilai loyalitas tidak bisa diukur dalam bentuk waktu yang mereka habiskan di perusahaan, melainkan keinginan karyawan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh (2013).

Itu artinya, mempertimbangkan kinerja perusahaan dan prestasi karyawan dapat menjadi salah satu cara efektif untuk membuat karyawan lebih puas dengan tunjangan dan bonus yang diterima.

JobStreet.com adalah bagian dari SEEK Asia yang bergerak di industri situs pencari kerja yang berada di Malaysia, Singapura, Filipina, Indonesia dan Vietnam. JobStreet.com Indonesia telah memberi layanan kepada lebih dari 49,500 perusahaan serta memiliki 3,5 juta database pencari kerja.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)