Globe Shopper Index: Jakarta Kota Belanja Dunia Keempat

Jakarta dinobatkan sebagai salah satu Kota Belanja Dunia oleh Global Blue. Di kategori harga, Jakarta memperoleh penilaian baik dan menduduki peringkat keempat untuk produk jam tangan dan barang-barang elektronik. Bagi wisatawan mancanegara, harga kedua produk tersebut dinilai mampu bersaing dengan beberapa kota favorit belanja dunia yang lain.

Jakarta juga memperoleh penilaian yang baik sebagai kota terkoneksi dan menduduki peringkat empat untuk jumlah penumpang terbanyak yang mendarat di bandar udara setiap tahun.

Secara global Jakarta menduduki peringkat 17 dalam Globe Shopper Index yang dipublikasikan Global Blue. Sementara itu Hong Kong, Kuala Lumpur, dan Shanghai merupakan tiga teratas kota paling menarik bagi pecinta belanja mancanegara.

“Saya ucapkan selamat kepada kota-kota di Asia Pasifik yang telah sukses dalam menarik minat pecinta belanja mancanegara,” tutur Per Setterberg, Presiden & CEO Global Blue dalam rilis yang diterima redaksi SWA, Selasa (30/10).

Bagi wisatawan asing, sulitnya menemukan tempat belanja dengan pramuniaga yang mampu berbicara dalam bahasa mereka merupakan salah satu faktor turunnya indeks Globe Shopper. Selain itu kurangnya situs dan acara budaya turut berkontribusi dalam turunnya peringkat Jakarta.

Penilaian dilakukan berdasarkan lima kategori yaitu jenis tempat belanja, harga, kenyamanan, hotel dan transportasi, serta budaya dan iklim. Menggandeng Economist Intelligence Unit, Global Blue menyusun Globe Shopper Index sebagai panduan bagi pecinta belanja mancanegara untuk mencari kota tujuan belanja di wilayah Eropa dan Asia Pasifik. Kali ini Global Shopper Index menambahkan 25 kota Asia Pasifik ke dalam 33 kota di Eropa yang telah ada. Kota tersebut dipilih berdasarkan jumlah pengunjung dan arti penting ekonomi dengan mempertimbangkan keragaman geografis. Beberapa kota dipilih dari negara-negara Asia Pasifik yang memiliki PDB di atas EUR 50 miliar, dimana negara yang lebih besar diwakili oleh lebih dari satu kota.

Globe Shopper Index menajdi referensi pecinta belanja mancanegara dalam memilih tempat tujuan. Apakah sekedar mencari tempat yang nyaman untuk makan siang, tempat belanja 24 jam, harga yang murah, atau koleksi barang mewah yang lengkap disediakan Globe Shopper Index. Bekerjasama dengan 270.000 ritel, brand tempat belanja, dan hotel di 40 negara, Global Blue melayani lebih dari 60.000 wisatawan tiap harinya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)