Hanya 3 Hari, Harbolnas Sedot Rp 2,1 Triliun

Hari Belanja Online Nasional 2015 selesai diselenggarakan. Selama tiga hari sejak 10-12 Desember 2015, beragam produk di situs perdagangan e-Commerce dijual dengan harga khusus sebagai perayaan hari belanja online nasional.

Associate Director Consumer Insight AC Nielsen Indonesia Rusdi Sumantri melalui surveinya mencatat penjualan rata-rata yang diciptakan dalam kegiatan tersebut mencapai Rp 2,1 triliun. Nilai tersebut diperkirakan terjadi pada 140 e-commerce yang turut serta dalam kegiatan tahunan ini.

Nielsen mencatat sebanyak 76 persen pengguna Internet mengetahui keberadaan acara itu sejak satu pekan sebelum kegiatan dimulai. Informasi tersebar melalui tayangan televisi dan situs e-commerce sendiri.

zalora-marketplace

Nielsen juga menemukan bahwa 50 persen pembeli online yang telah melakukan pembelian, kembali melakukan transaksi pada masa penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional. Peningkatan pendapatan e-commerce diperkirakan mencapai 1,8 kali dibandingkan dengan penjualan pada hari normal.

Ketua Panitia Hari Belanja Online Nasional Indra Yonathan mengatakan lalu lintas transaksi pembelian di seluruh peserta Harbolnas mengalami peningkatan 5-10 kali. Jumlah pemesanan barang juga tercatat meningkat 7 hingga 10 kali lebih tingga dibandingkan hari biasa.

Bahkan perusahaan jasa pengiriman barang juga mengalami lonjakan pengiriman. Laporan yang diterima panitia dari lembaga pengiriman barang JNE, tercatat peningkatan pengiriman hingga 100 persen dari Hari Belanja Online Nasional. Jika dalam transaksi normal pengiriman barang tercatat 46 ribu, selama acara berlangsung pengiriman meningkat menjadi 92 ribu perhari.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)