Business Research Trends

Harapan Warga Untuk Masa Depan Jakarta

Harapan Warga Untuk Masa Depan Jakarta

Sebagai magnet bisnis dan ekonomi, Jakarta menjadi primadona bagi seluruh warga Indonesia. Maka, tak ayal tekanan urbanisasi di kota berpenghuni kurang lebih dari 10 juta penduduk tersebut sangat tinggi. Penyampaian informasi mengenai pelayanan kota kepada masyarakat juga dipandang sebagai faktor paling signifikan dalam meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Microsoft CityNext, sebuah partner-led initiative dari Microsoft mengungkapkan hasil penelitian terhadap lebih dari 200 responden penduduk Jakarta terkait harapan dan prioritas mereka dalam sepuluh tahun ke depan di tengah meningkatnya tekanan urbanisasi.

microsof

Dari 200 responden yang diteliti, sebanyak 67% meyakini bahwa kehidupan mereka akan berubah menjadi lebih baik pada tahun-tahun mendatang. Perlu diketahui, Survei dengan tajuk your city, your future ini, merupakan bagian dari studi regional yang melibatkan kota-kota lain, yaitu Bangkok, Beijing, Shanghai, Delhi, Mumbai, Manila, Seoul, Singapura, Sydney, Taipei, Tokyo dan Osaka.

Hasil itu pula yang menempatkan Jakarta sebagai kota kedua paling optimistis setelah Mumbai. Namun demikian, sebanyak 82%, responden menekankan pada aspek perbaikan infrastruktur transportasi . Diikuti setelahnya keamanan dan ketertiban umum sebanyak 78%, lowongan pekerjaan 77% dan pendidikan 74%.

Hasil sigi CityNext juga mengungkapkan bahwa penduduk Jakarta memandang teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan kondisi kehidupan di kota-kota. Sebanyak 93% responden menyetujui peran teknologi yang paling signifikan adalah dalam penyampaian informasi mengenai layanan-layanan kota kepada warganya.

Menyusul setelahnya, 90% responden menekankan pasa aspek konektivitas yang lebih baik melalui jaringan Wi-Fi dan selular. Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah sebanyak 88% menekankan peran teknologi dalam menciptakan peluang-peluang ekonomi baru, termasuk dalam membantu perencanaan kota yang lebih baik dengan menggunakan analisis Big Data 85%.

“Mulai dari solusi layanan komputasi awan sampai aplikasi-aplikasi mobile dan Big Data, teknologi memiliki peran yang sangat signifikan dalam mengubah kota menjadi komunitas yang lebih aman, pintar dan berkelanjutan,” jelas Peter Sutiono, Director of Public Sector, Microsoft Indonesia.

Peter mencontohkan pemakaian alat analisis bisa dimanfaatkan untuk mengobservasi kedatangan bus dan kereta api agar bisa tiba lebih tepat waktu dan terhindar dari kemacetan lalu lintas. Kemudian pemasangan kamera pengawas yang diperbanyak di tempat-tempat umum dapat membantu pihak berwenang untuk menekan angka kriminalitas seperti pencopetan sehingga Jakarta bisa menjadi kota yang lebih aman untuk ditinggali.

Berkaitan dengan kota-kota lain di Asia Pasifik yang dikagumi, survei menunjukkan warga Jakarta lebih memilih untuk tinggal di Singapura karena kebersihan dan ketertibannya. Kota selanjutnya adalah Tokyo yang jauh lebih populer di kalangan responden yang berusia lebih muda karena citra kota ini yang menyenangkan.

Sementara Sydney dan Melbourne masuk ke dalam daftar kota yang aman karena responden mengagumi pemerintahan Sydney yang stabil serta sistem transportasi Melbourne yang terjamin.

Di saat urbanisasi membuka gelombang tantangan baru, kota-kota di Asia Pasifik yang telah dan tengah berkembang menghadapi tekanan yang berat untuk memodernisasi infrastruktur yang sudah dimakan waktu. Mereka pun dituntut untuk menyediakan layanan yang lebih beragam kepada warganya sambil berhadapan dengan penghematan ekonomi dan berkurangnya sumber-sumber daya keuangan.

Melalui partisipasi dengan sektor publik, Microsoft CityNext bertujuan untuk membantu kota-kota mengukur solusi dan pelayanan untuk melaksanakan ‘New with Less’.

“Pelayanan ini memungkinkan kota-kota tersebut bisa lebih bersaing di pasar global, meningkatkan keterlibatan penduduk kota, serta mendorong keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup,” lanjut Peter. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved