Indonesia Raih Posisi 4 di Wisata Muslim Global | SWA.co.id

Indonesia Raih Posisi 4 di Wisata Muslim Global

Indeks Wisata Muslim Global (GMTI) 2016 yang diadakan oleh MasterCard bekerja sama dengan Crescent Rating menunjukkan Indonesia menempati posisi ke 4 destinasi wisata negara-negara yang tergabung ke dalam negara Islam (OIC) setelah Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Turki. Indonesia memperoleh skor indeks 70,6. Tahun ini Indonesia naik 2 peringkat dibanding tahun sebelumnya yang menempati posisi 6. Singapura mempertahankan posisi puncaknya untuk kategori wisata negara non-Islam setelah Thailand, Inggris, Afrika Selatan dan Hong Kong.

wisata muslim

Hasil studi GMTI menunjukkan pada tahun 2015, diperkirakan jumlah total kedatangan wisatawan muslim mencapai 117 juta, mewakili 10% dari keseluruhan nilai ekonomi industri pariwisata. Hal ini diprediksi akan tumbuh menjadi 168 juta wisatawan di 2020 sebanding dengan 11% dari keseluruhan pangsa pasar dengan proyeksi nilai pasar (market size) lebih dari US$ 200 juta miliar.

GMTI menganalisis data secara lengkap dan mendalam yang mencakup 130 destinasi wisata. Keseluruhan 130 destinasi wisata pada GMTI dinilai berdasarkan kriteria, seperti destinasi liburan keluarga, tingkat layanan dan fasilitas yang tersedia, pilihan akomodasi, inisiatif pemasaran dan kedatangan pengunjung. Tahun ini ada 2 kategori baru yaitu ketersediaan akses layanan penerbangan dan persyaratan visa.

Indeks ini membantu pengelola destinasi wisata, para pemilik layanan jasa wisata dan investor dalam memahami kondisi dan pertumbuhan wisata di segmen ini sebagai tolak ukur kemajuan usaha masing-masing pihak yang terlibat di industri ini.

"Salah satu tren terbesar yang kami lihat adalah destinasi wisata non-OIC sedang berupaya untuk menarik wisatawan muslim. Sebagai contoh Jepang dan Filipina dalam bulan terakhir mengambil langkah penting dalam diversifikasi kedatangan para wisatawan luar negeri dan pada akhirnya akan membantu pertumbuhan ekonomi. Rating ini menjadi referensi utama untuk destinasi wisata untuk membuat strategi yang tepat untuk menjangkau wisatawan muslim, " ujar Fazal Bahardeen, CEO CrescentRating & Halal Trip. (EVA)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)