Indonesia Sumbang 48% Produksi Minyak Sawit Dunia

Kedigdayaan Indonesia di pasar minyak sawit dunia, diprediksi masih akan berlanjut hinga  5-10 tahun mendatang. Hal tersebut tidak terlepas dari beberapa hal yang mendukung negara kita untuk tetap mempertahankan hegemoni sebagai produsen minyak sawit terbesar di dunia. Iklim, tenaga kerja, dan kesediaan lahan yang masih cukup banyak, disebut-sebut sebagai faktor utama dalam mendukung Indonesia guna meraih predikat tersebut.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Rabobank, Pawan Kumar, Rabobank Associate Director of Food and Agribusiness Research and Advisory (FAR) mengungkapkan bahwa Indonesia masih menjadi penyumbang produksi minyak sawit dunia terbesar. Indonesia menyumbang sebanyak 48 % dari total volume produksi minyak sawit di dunia. Diikuti Malaysia sebagai penyumbang produksi minyak sawit sebesar 37% dari total volume produksi minyak sawit dunia. Berdasarkan laporan 10 tahunan Compounded Annual Growth Rate (CAGR), Indonesia tercatat sebagai produsen minyak sawit yang mengalami pertumbuhan produksi terbesar, yaitu sebesar 11%.

Sebagai negara yang memiliki wilayah cukup besar, dimana lebih dari 16 ribu pulau tergabung didalamnya, Indonesia memiliki peluang kesediaan lahan bagi perkebunan sawit yang cukup besar. DItambah lagi dengan iklim yang dimilki Indonesia, menambah peluang untuk meningkatkan lebih banyak lagi produksi minyak sawit bagi Indonesia.

Lebih dari 96% persen produksi minyak sawit Indonesia, dihasilkan dari 2 pulau besar di Indonesia, Sumatera dan Kalimantan. Sumatera menyumbang sebanyak 78% dari total produksi minyak sawit Indonesia. Sementara itu, Kalimantan menyumbang sebanyak 18% dari total produksi minyak sawit Indonesia. Disamping itu, beberapa pulau diluar Sumatera dan Kalimantan, turut memberikan kontirbusi dalam produksi minyak sawit Indonesia. Sulawesi memproduksi sekitar 2-3% minyak sawit bagi Indonesia, dan sisanya lagi berasal dari Papua dan Jawa.

Di pulau Sumatera sendiri, Riau tercatat sebagai provinsi yang menyumbang produksi sawit terbesar di pulau Sumatera. Riau tercatat memproduksi hampir dari 40% minyak sawit yang dihasilkan di Sumatera. Hal tersebut setara dengan produksi sebesar 6 juta ton minyak sawit per tahun. Riau sendiri memproduksi 13% minyak sawit dari total produksi sawit di dunia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)