Indonesia WOW Brand 2014 Gunakan Konsep Baru

Setelah empat tahun diadakan sejak 2010, Indonesia WOW Brand pada tahun 2014 ini menjadi yang pertama kalinya menggunakan konsep baru. Konsep tersebut merujuk kepada konsep WOW Marketing yang merupakan hasil studi mendalam MarkPlus, Inc. terhadap berbagai fenomena marketing.

Pengukuran Indonesia WOW Brand yang dilakukan MarkPlus ini bertujuan mendorong berbagai brand agar berdaya saing. Perbedaan penyelenggaraan tahun ini dengan Brand Champion Award tahun-tahun sebelumnya adalah dari parameter pengukurannya.

Indonesia WOW Brand 2014

“Kalau dulu popularitas brand diukur hanya dari tingkat brand awareness dan favourability (appealing), maka yang sekarang diukur bukan hanya itu. Tapi bagaimana merek tersebut dapat mengubah awareness menjadi advocates. Dengan kata lain mengubah orang yang sekadar tahu menjadi advokator yang selalu merekomendasikan merek itu kepada orang lain,” kata Iwan Setiawan, Associate Vice President of MarkPlus, Inc.

Pemenang Indonesia WOW Brand adalah brand-brand yang memiliki indeks tertinggi berdasarkan rasio jumlah advokator yang merekomendasikan dan popularitas brand secara spontan, atau bisa juga disebut memiliki Brand Advocacy Ratio (BAR) yang tertinggi. Riset WOW Brand ini dilakukan kepada 2 ribu responden di 18 kota besar di Indonesia, antara lain Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Manado, dan Jayapura.

Adapun kriteria untuk responden tersebut adalah konsumen suatu produk dan pembuat keputusan untuk membeli brand-brand terkait dengan pengeluaran setiap bulannya yang di atas Rp 1 juta. Usia para responden tersebut adalah berkisar antara 15 sampai 60 tahun, dengan periode survei antara Februari sampai Maret 2014. Sementara, untuk mengambil sample-nya digunakan metode multi stage random sampling, dan data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan responden serta menggunakan metode Computer Assisted Telephone Interview (CATI).

“Jadi memang yang dinilai atau diukur dalam Indonesia WOW Brand ini adalah brand nasional, maka respondennya berasal dari kota-kota besar di Indonesia. Sedangkan untuk kota yang menengah dan kecil, yang mungkin mempunyai brand terkenal di daerahnya sendiri, kita adakan survei yang lain yakni Indonesia WOW Service Excellence, yang ingin menemukan brand-brand yang menjadi jagoan lokal. Kalau ini respondennya mungkin hanya sekira seribu orang dari beberapa kota,” jelas Iwan.

Brand yang berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Indonesia 10 Best Packaged F&B Brands (dari berbagai jenis produk) yakni Buavita, Wall’s, Aqua, Indomie, Bear Brand, Sariwangi, Ultra Milk, Silver Queen, dan Pop Mie. Sedangkan yang menjadi Indonesia 10 Best WOW Brands (dari berbagai jenis produk) yaitu Tong Tji, Bear Brand, Wall’s, Buavita, Minute Maid, Aqua, Indomie, Kapal Api, Frisian Flag, dan Ultra Milk.

“Yang WOW Brand itu adalah kita melihat brand mana yang paling dikenal masyarakat, walaupun dia bukan brand besar, tapi dia berpotensi memiliki pangsa pasar yang besar ke depannya. Brand itu dibeli, meskipun bukan pemain lama, juga direkomendasikan secara aktif oleh konsumen tersebut kepada keluarga, teman atau koleganya,” ucap Iwan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)