Ke Mana Saja Golongan HNWI Membelanjakan Uangnya?

Penyebaran kaum premium di dunia kini kian dinamis. Semakin banyak orang yang masuk dalam jajaran kelas premium, dan populasi  high net worth individual (HNWI) dari Asia Pasifik dan Timur Tengah mengalami perkembangan yang lebih pesat dibandingkan Amerika Utara dan Eropa.

Untuk pertama kalinya, Asia Pasifik memiliki angka HNWI tertinggi di dunia, dan perkembangan HNWI di Timur Tengah merupakan salah satu yang terkuat secara global. Menurut data dari Capgemini World Wealth Report 2012,  angka HNWI di Asia Pasifik tumbuh 1.6% menjadi 3,38 juta pada tahun 2011, melebihi angka HNWI di Amerika Utara yaitu 3,35 juta, dan HNWI di Eropa yaitu 3,17 juta. Di Timur Tengah, populasi HNWI meningkat 2.7% menjadi 0,45 juta. Para ahli mengestimasikan kenaikan signifikan dari pengeluaran kaum premium di Asia Pasifik yang menghasilkan stabilnya daya beli mereka selama beberapa tahun ke depan.

“Data pengeluaran yang diambil dari aktivitas pembelanjaan pada kartu Visa Infinite selama 12 bulan terakhir di Asia Pasifik, Eropa Tengah, Timur Tengah, dan Afrika menunjukkan bahwa pengeluaran kaum premium paling banyak dibelanjakan untuk dining: makan di restoran,” jelas James Lim, Head of Consumer Products Visa, Asia Pacific, Central Europe, Middle East & Africa.

Diamond: kaum premium senang mendiversifikasi investasi mereka pada sektor yang berbeda-beda

Destination: pengalaman wisata dan budaya menjadi kunci utama

Dining: restoran merupakan pilihan utama bagi HNWI untuk membelanjakan uang mereka. HNWI menghabiskan waktu mereka untuk makan baik di restoran fine-dining maupun casual-dining. Tiga negara utama tempat para kaum premium membelanjakan uang mereka untuk dining experience adalah Hong Kong, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

Meskipun restoran fine dining dan restoran hotel populer di kalangan HNWI, sekitar setengah dari daftar top 10 restoran merupakan casual dining, yang mengindikasikan bahwa HNWI masih value minded. Para HNWI yang memiliki jam kerja panjang umumnya lebih memilih kenyamanan restoran franchise dibanding restoran yang sophisticated bila menyangkut soal makanan sehari-hari. Namun, kualitas makanan tetap diutamakan. Bisnis-bisnis yang menyasar HNWI sebagai target konsumen harus menyiapkan bahan makanan dengan kualitas dan orientasi nilai terbaik.

Diamonds : Menurut Capgemini World Wealth Report 2012, salah satu pengeluaran kaum premium adalah investment of passion (initial public offering/IPO) – meskipun jenis investasi ini bukan investasi terhadap aset finansial langsung, namun jenis investasi ini dilihat sebagai investasi substitusi di tengah ketidakpastian ekonomi. Contoh IOP misalnya perhiasan, permata, dan arloji. Berdasarkan data pengeluaran konsumen dari kartu Visa, HNWI dari Hong Kong dan Uni Emirat Arab menghabiskan US$ 70 juta dan US$ 97 juta untuk perhiasan. Terutama di Uni Emirat Arab, sekitar 18% proporsi kekayaan dialokasikan untuk IPO.  Aset kekayaan, selain merupakan sebuah tradisi budaya Timur Tengah, juga merupakan hadiah yang populer untuk pernikahan, karena dapat berfungsi ganda baik sebagai investasi maupun sebagai pegangan disaat masa inflasi.

Diamonds atau berlian merupakan barang dengan tingkat permintaan yang tinggi, menyaingi tingkat investasi emas. Tren fashion juga berpengaruh terhadap pembelanjaan di kategori perhiasan. Tren yang sedang berkembang di antara beberapa perusahaan barang mewah terbesar di dunia sekarang adalah diversifikasi dari soft luxury ke hard luxury market. Soft luxury meliputi toko ritel eksklusif yang mengkhususkan diri ke penjualan tas dan gaun rancangan desainer, sementara hard luxury mencakup perluasan produk yang didedikasikan untuk menjadi butik perhiasan.

Perhiasan dengan merek ternama kini telah menjadi fokus tersendiri karena menawarkan sesuatu yang baru dari sisi kemewahan dengan nilai yang tidak kadaluarsa, yang menambah daya tarik perhiasan itu sendiri.

Destination: Menurut Visa Global Travel Intentions Survey 2011, perjalanan mewah atau luxury travel yang berasal dari turis Asia Pasifik akan meningkat selama dua tahun mendatang. Destinasi utama para turis Asia Pasifik adalah Amerika Serikat dan Inggris, yang menunjukkan adanya peningkatan pada perjalanan internasional dibandingkan sebelumnya ketika destinasi China dan Hong Kong merupakan tujuan yang paling populer. Uni Emirat Arab sebagai titik pusat kawasan (regional hub) telah muncul menjadi destinasi perjalanan bisnis yang populer dan diekspektasikan akan terus tumbuh selama tiga tahun kedepan, yang memberikan pengaruh positif pada perjalanan mewah. Hingga kini, data pengeluaran dari kartu Visa menunjukkan bahwa top spender di berbagai negara (dilihat dari berbagai agensi perjalanan dan transportasi udara) adalah Uni Emirat Arab (US$6.149 miliar), Taiwan (US$6,298 miliar), Singapura (US$ 5,968 miliar) dan Hong Kong (US$ 5,872 milyar).

Meskipun faktor berbelanja atau shopping masih menduduki peringkat tertinggi di antara faktor-faktor utama dalam memilih destinasi wisata untuk perjalanan singkat, HNWI lebih memilih untuk memperkaya pengalaman wisata mereka pada libur tahunan dan libur panjang. Jasa pelayanan wisata seperti Virtuoso, grup yang keanggotaannya berdasarkan undangan dari lebih dari 330 pengorganisir perjalanan mewah yang berspesialisasi di perjalanan khusus (customized) telah melayani kebutuhan HNWI akan wisata yang unik dan tidak biasa.

Contoh wisata yang populer dikalangan HNWI adalah perjalanan mewah menggunakan kereta dan kapal pesiar. Perjalanan ini menawarkan cara baru dalam mengeksplorasi budaya dan umumnya, bisa mengikutsertakan aktivitas yang bersifat petualangan dan rekreasional seperti river rafting. Contoh lainnya adalah spa retreat packages yang ditawarkan oleh hotel ramah lingkungan yang menggunakan rooftop kitchen garden. Pengalaman-pengalaman ini menunjukkan bahwa HNWI tidak hanya membutuhkan eksklusifitas. HNWI ingin mengeksplorasi tempat, budaya, dan pengalaman yang tidak biasa, serta tinggal di tempat yang tidak hanya terkenal akan reputasi glamornya namun juga karakter dan pesona yang terkandung di objek tersebut.

Pengeluaran dari kaum HNWI yang tinggal di Asia dan Timur Tengah akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya kaum HNWI di Asia dan Timur Tengah. Produk yang akan diuntungkan dari gaya hidup HNWI adalah produk yang memberikan nilai berkualitas, dapat beradaptasi dengan peluang di pasar seperti diversifikasi produk, dan menawarkan pengalaman tak terlupakan yang otentik dan menginspirasi. (EVA)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)