Business Research Trends

Konsumen Indonesia Tingkatkan Pengeluaran untuk Revitalisasi Perayaan Ramadan

InMobi, penyedia teknologi konten, pemasaran, dan monetisasi yang membantu bisnis mengeluarkan laporan terbaru ‘Ramadan 2023 at a Glance‘. Berdasarkan hasil analisa terhadap ekspektasi dan kebiasaan konsumen Indonesia seputar Ramadan, memberikan wawasan bagi brand yang ingin menyempurnakan strategi pemasaran selular mereka selama Bulan Suci ini.

Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, yaitu sekitar 229 juta jiwa. Hal tersebut menjadikan Ramadan sebagai salah satu momen yang paling banyak diamati di negara ini. Pengeluaran konsumen cenderung meningkat selama bulan Ramadan, antara lain untuk berbelanja oleh-oleh, tiket perjalanan, dan buka puasa (makan malam untuk berbuka puasa selama bulan Ramadan). Selain itu, persiapan menyambut Idul Fitri juga turut memacu belanja konsumen yang bersemangat ingin merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan lamanya.

Laporan InMobi mengungkapkan bahwa konsumen di Indonesia akan mempertahankan tren beriklan mereka, dengan rencana kenaikan belanja Ramadan tahun 2023, seiring konsumen yang berangsur-angsur mengalami pemulihan menuju normal. Sekitar 60% responden berencana membelanjakan setidaknya Rp 3 juta untuk Ramadan tahun ini, naik dari 56% pada 2022. Selain itu, kebiasaan mobile-centric yang dikembangkan selama pandemi COVID-19 terus berlanjut, terutama dengan 98% respondenmemilih untuk mengeksplorasi penawaran, produk, dan brand untuk Ramadan di perangkat selular dan 56% lebih memilih selular sebagai saluran pembelian utama mereka.

Rishi Bedi, Managing Director Asia Pasifik InMobi mengungkapkan, “Setiap tahun, kemeriahan bulan Ramadan memicu gelombang aktivitas belanja yang masif di Indonesia, dan kami memperkirakan akan terjadi lonjakan tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang kurang terdengar.”

Menariknya, ponsel tetap dominan sebagai saluran pilihan untuk berbelanja, hiburan, dan bahkan kegiatan keagamaan di antara konsumen meskipun pembatasan perjalanan dan pertemuan fisik dilonggarkan.

“Dengan demikian, brand harus terus secara proaktif memaksimalkan visibilitas dan jangkauan mereka untuk menargetkansegmen konsumen di platform digital ini dan lainnya, imbuhnya dikutip dalam keterangan tertulis, “ujar Rishi (07/02/2023)

Laporan ini membagikan wawasan tambahan tentang preferensi belanja konsumen selama Ramadan, serta perilaku pembelian dan penggunaan selular lainnya:• 72% responden adalah Penjelajah Kategori yang menghabiskan waktu merencanakan dan menelitipembelian mereka secara online – dengan 31% memulai penelusuran satu bulan sebelum Ramadan.• 1 dari 3 total unduhan aplikasi di Indonesia adalah aplikasi belanja, dengan puncak unduhan terjadi pada dua bulan sebelum Ramadan.• Responden paling aktif menggunakan ponsel mereka pada sore dan malam hari, dengan lonjakan aktivitas selular terlihat sebelum sahur dan setelah buka puasa.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved