Konsumen Kian Nyaman Bayar via Ponsel

Dalam studi tahunan ke-3, MasterCard mengungkapkan kenaikan sentimen positif konsumen terhadap cara pembayaran secara mobile di media sosial. Pada awalnya, sentimen terkait keamanan pembayaran tersebut dinilai negatif. Namun, tokenisasi dan biometrik telah menggeser pemikiran konsumen, dari mempertanyakan tentang keamanan pembayaran model tersebut hingga kini mendiskusikan kemungkinan untuk meningkatkan pengalaman digital dalam perangkat komunikasi.

Dalam Mobile World Congress, MasterCard mengumumkan hasil penelitian dari studi tahunan yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir tentang Pembayaran Mobile, bekerja sama dengan PRIME Research. Studi tersebut menemukan sepanjang tahun 2014, secara global terdapat 19,1 juta posting di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Forums, Weibo (CN), Google+ dan YouTube, jauh meningkat dari hanya 85 ribu posting di tahun 2012. Studi ini meliputi opini konsumen yang unik dari 56 pangsa pasar di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Pasifik.

Studi tersebut tidak hanya menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam peningkatan jumlah perbincangan, juga adanya perubahan pada pola serta fokus diskusi di dalam masyarakat. Secara keseluruhan, perbincangan di sekitar topik pembayaran mobile terus meningkat. Secara global, pada tahun 2014, 94% perbincangan mengenai topik tersebut tumbuh dengan sangat baik, dibanding 2013 hanya dengan 77% dan 2012 (70%).

Ilustrasi pembayaran via ponsel (Foto: IST) Ilustrasi pembayaran via ponsel (Foto: IST)

Perbincangan paling positif membicarakan topik inovasi, penghargaan, loyalitas serta kenyamanan pembayaran mobile (rata-rata 91% sentimen positif). Secara keseluruhan, 91% dari perbincangan mengenai keamanan pada tahun 2014 tumbuh dengan sangat baik, meningkat dari 20% pada tahun 2012, dimana saat itu topik tentang keamanan merupakan topik paling negatif.

Kebingungan dan perhatian terhadap keselamatan dan keamanan yang tertera dalam studi tahun 2012 dan 2013, telah tergantikan oleh konsumen yang tengah merasakan solusi pembayaran yang lebih aman. Tokenisasi dan Biometrik (percakapan inti pada tahun 2014) memberikan kontribusi yang signifikan pada pembahasan utama tentang keamanan pembayaran mobile.

Perbincangan terhadap inovasi digital dan peningkatan pengalaman disampaikan secara mobile dengan perangkat yang saling terhubung, menjadi perbincangan mayoritas pengguna (71%) dari diskusi sosial antara pemangku kepentingan pada tahun 2014. Kenyamanan merupakan aspek yang paling positif dari pembayaran mobile (94% sentimen positif). Konsumen tertarik untuk membagi pengalaman setelah melakukan transaksi dengan perangkat mobile, khususnya terhadap cara memanfaatkan hal itu untuk transaksi harian.

Adanya insentif hadiah tambahan, seperti pengumpulan kupon dan program loyalitas serta poin tambahan juga sering dibahas dalam perbincangan yang berhubungan dengan inovasi (24% dari perbincangan). Potensi penambahan manfaat tersebut dapat diintegrasikan dengan penawaran pembayaran mobile untuk memperkuat loyalitas konsumen dalam menggunakan perangkat mobile (58% dari perbincangan didorong oleh konsumen).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)