Konsumen Mulai Beralih ke TV Premium dan Super Premium

Penjualan televisi (tv) layar datar di Indonesia secara kuantitas tumbuh sebanyak 25% sepanjang 2012-2013 (riset GFK 2013). Sedangkan secara nilai tumbuh lebih banyak yakni 34%. Artinya, masyarakat negeri ini mulai beralih ke televisi premium dan super premium.

IMG_0248Bernard Ang, Direktur Konsumer Samsung Elektronik, mengatakan, yang masuk katagori tv premium yakni televisi ukuran 50 inchi ke atas dengan harga lebih dari Rp 6 juta. Sedangkan segmen tv super premium yakni ukuran 60 inchi ke atas.

Secara global, permintaan televisi di atas 60 inchi atau super premium diperkirakan akan tumbuh dua kali lipat dari 4,4 juta unit di 2012 hingga 7,93 juta unit di 2016. Sedangkan di Indonesia, sepanjang September 2012-September 2013 segmen ini tumbuh 81%.

Naiknya penjualan tv premium dan super premium di Indonesia merupakan imbas dari jumlah kelas menengah yang bertambah banyak, mencapai 48% dari total populasi negeri ini.

"Kebutuhan kelas menengah ini terhadap tv juga semakin kompleks," ujar Bernard.

Sebuah penelitian yang dilakukan TNS di 2012, ada beberapa alasan konsumen di Indonesia dalam membeli tv. Berdasarkan urutannya yakni: ukuran layar, kualitas gambar, harga, tipe, desain, fitur, brand, kemudahan pengginaan, dan terakhir yaitu konektivitas. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)