Lenovo Primadona PC Indonesia Kuartal Tiga

Bicara pergerakan pasar Personal Computer (PC) Indonesia di kuartal III tahun 2012, Lenovo primadonanya. Di lingkaran komersial, Lenovo merajai pasar. Sementara di kalangan consumer, ranking Lenovo loncat dari peringkat lima ke peringkat tiga.

“Lenovo punya internal strategi sehingga mereka bisa mendekati sektor perbankan dan manufaktur,” tutur Deddie Sionader, Market Analyst International Data Corporation (IDC) Indonesia untuk PC pada diskusi media di Jakarta.

Di segmen komersial, Lenovo tumbuh 8,5% quarter-on-quarter. Di kuartal sebelumnya, Lenovo baru merangkak naik 6%.  Pada kuartal I tahun 2012 Lenovo baru menguasai 7% hingga 8% pasar PC keseluruhan, baik komersial maupun consumer. Persentase tersebut menempatkan Lenovo di peringkat kelima. Pada kuartal III tahun ini Lenovo bertengger di peringkat ketiga dengan menguasai 8,56% pasar.

Lenovo berhasil melampaui Toshiba dan HP yang masih lesu sejak 2Q12. IDC mencatat market share HP sebesar 6% dan Toshiba 8,36% di kuartal III tahun ini dari perspektif pengiriman. Lenovo belum mampu mengungguli Asus dan Acer yang lincah dalam distribusi. Acer masih mendominasi pasar PC hingga 27,96%, disusul Asus yang menguasai 15,06% dari 1,19 juta PC terkirim di Indonesia.

“Lenovo agak sulit menandingi Acer karena coverage-nya luas di Indonesia, didukung distribusi yang kencang. Lenovo kuat di 7 kota besar saja,” tutur Deddie mengungkapkan.

Deddie tidak memungkiri adanya kemungkinan pergeseran market share di tahun mendatang. Hal ini terkait diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 59/M-Dag/PER/9/2012. Peraturan tersebut diyakini mampu memangkas importir nakal terutama paralel impor PC. Efeknya, beberapa vendor PC yang menguasai pasar dengan paralel impor dengan alasan cost effective harus kembali mengatur strategi.

“IDC tidak menangkap data impor nakal ini, sehingga pergeseran masih mungkin terjadi,” ujar Deddie kepada Tika Widyaningtyas dari SWA Online. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)