MasterCard: Belanja via Smartphone Makin Marak di Asia Pasifik

MasterCard merilis hasil penelitian terbarunya, MasterCard’s Mobile Shopping Survey. Riset tersebut menunjukkan, hampir setengah dari konsumen (45,6%) berbelanja dengan menggunakan smartphone mereka. Konsumen di China menempati posisi tertinggi yakni 70,1%, disusul India (62,9%) dan Taiwan (62,6%). Taiwan dan India merupakan negara dengan pertumbuhan tertinggi, untuk jumlah konsumen yang berbelanja melalui smartphone mencapai lebih dari dua kali lipat dalam dua tahun terakhir.

Sementara itu, Malaysia juga mencatat pertumbuhan yang sangat signifikan, dari 25.4% di tahun 2012 menjadi 45.6% di tahun 2014. Di Indonesia sendiri, jumlah konsumen yang telah melakukan aktivitas belanja melalui smartphone juga mengalami pertumbuhan dari 46.7% di tahun 2013 menjadi 54.9% di tahun 2014.

Kenyamanan merupakan faktor utama yang mendorong konsumen untuk membeli berbagai kebutuhan mereka melalui smartphone. Hampir setengah dari responden di Asia Pasifik (49.5%) menyatakan, kenyamanan merupakan alasan yang paling kuat untuk berbelanja melalui smartphone. Faktor lainnya, dapat berbelanja di mana saja (43,9%) serta faktor perkembangan aplikasi yang semakin memudahkan belanja secara online (39,5%).

“Meningkatnya kepemilikan smartphone berpengaruh besar terhadap perilaku orang-orang di Asia Pasifik dalam berbelanja. Seiring berkembangnya metode pembayaran yang semakin beragam serta semakin banyaknya informasi yang disimpan pada berbagai perangkat telepon, keamanan data merupakan suatu hal yang penting bagi konsumen,” kata Raj Dhamodharan, Group Head, Emerging Payments, MasterCard Asia Pacific dalam rilisnya.

Pertumbuhan jumlah konsumen yang berbelanja menggunakan smartphone di Asia-Pasifik:

2014 2013 2012
Asia Pasifik 45.6 38.6 35.4
Korea 53.8 47.6 40.2
China 70.1 59.4 54.1
Thailand 58.8 51.2 51.0
Hong Kong 38.2 40.0 40.9
Taiwan 62.6 45.2 28.2
Singapura 36.7 31.4 39.8
Vietnam 45.2 34.9 33.7
Indonesia 54.9 46.7 54.5
India 62.9 47.1 30.3
Malaysia 45.6 31.5 25.4
Filipina 34.0 32.8 21.4
Jepang 25.8 22.9 25.8
Selandia Baru 20.7 15.0 18.2
Australia 19.6 24.8 18.7

Survei yang dilakukan selama tiga bulan ini dengan jumlah 500 responden berusia antara 18-64 tahun di 14 negara selama Oktober-Desember 2014 ini menunjukkan, pakaian, aksesoris, aplikasi serta kupon belanja harian merupakan barang yang paling digemari dan sering dibeli oleh para konsumen di wilayah tersebut. Pembelian melalui mobile shopping untuk baju dan aksesoris (27.9%), diikuti oleh aplikasi (21.2%) dan juga kupon belanja harian (19.2%) merupakan barang yang paling digemari di kalangan konsumen Asia Pasifik.

Sementara itu, lebih dari sepertiga konsumen di China (37,4%) dan Korea (36.0%) berbelanja pakaian dan aksesoris melalui smartphone mereka, sedangkan aplikasi merupakan item teratas bagi para konsumen di Thailand (33,8%) dan Vietnam (31,8%).

Selain untuk berbelanja, konsumen juga menggunakan smartphone untuk membandingkan harga di toko konvensional dengan di toko online. Hampir dari setengah responden (44,5%) telah melakukan perbandingan harga sebelum berbelanja. Dengan proporsi yang hampir sama, 44,2% responden juga menyatakan bahwa mereka terlebih dahulu telah melakukan riset secara online sebelum membeli barang secara langsung di toko.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)