Business Research

MasterCard: Tingkat Kepercayaan Konsumen Indonesia Tinggi

Oleh Admin
MasterCard: Tingkat Kepercayaan Konsumen Indonesia Tinggi

mastercardMenurut survei terbaru MasterCard mengenai Indeks Kepercayaan Konsumen (MasterCard Worldwide of Consumer Confidence), konsumen Indonesia kembali masuk dalam jajaran negara-negara yang memiliki tingkat kepercayaan konsumen yang relatif tinggi bersama negara-negara berkembang lainnya, seperti India, China, Filipina, dan Myanmar. Dengan nilai 81 indeks poin, Indonesia masuk dalam lima negara dengan tingkat keyakinan konsumen tertinggi di Asia Pasifik.

Indeks tingkat kepercayaan konsumen MasterCard berasal dari survei yang dilakukan MasterCard antara April-Mei 2013 terhadap 12.205 responden berusia 18-64 di 27 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Ini adalah survei ke-41 mengenai tingkat kepercayaan konsumen, yang telah dimulai sejak tahun 1993.

Consumer Confidence ini merupakan survei yang paling komprehensif dan terlama. Para responden diberikan lima pertanyaan berkaitan dengan pandangan mereka dalam rentan enam bulan mengenai ekonomi, prospek pekerjaan, pasar saham lokal, prospek pendapatan rutin, dan kualitas hidup mereka. Nilai indeks tersebut dihitung dengan nilai 0 sebagai nilai paling pesimis, 100 sebagai nilai paling optimis, dan 50 sebagai nilai netral. Perlu diketahui bahwa indeks dan laporan di dalamnya tidak menggambarkan performa finansial MasterCard.

Survei ini mengungkapkan bahwa tingkat kepercayan konsumen di Indonesia tetap masuk ke dalam jajaran negara-negara yang memiliki tingkat kepercayaan konsumen tinggi meskipun terdapat sedikit penurunan dari survei tingkat kepercayaan konsumen sebelumnya. Menurut indeks ini, tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia hanya mengalami penurunan 6,5 indeks poin, yakni dari 87,5 menjadi 81 indeks poin.

Pada studi sebelumnya yang dilakukan pada semester kedua 2012, Indonesia mencatatkan kenaikan terbesar pada tingkat kepercayaan konsumen, yakni sebesar 30,1 indeks poin (dari 57,4 menjadi 87,5) di Asia Pasifik dibandingkan periode sebelumnya.

Menurut survei tersebut, tingkat perekonomian, prospek lapangan kerja, pasar saham lokal, prospek tingkat pendapatan rutin, dan kualitas hidup masyarakat masih berada pada tingkat yang sangat optimis. Prospek lapangan kerja mengalami peningkatan sebesar 0,5 indeks poin (dari 85,8 menjadi 86,3 indeks poin), sedangkan tingkat ekonomi Indonesia mengalami tingkat penurunan terbesar sebanyak 13,4 indeks poin (dari 86 menjadi 72,6 indeks poin). Sementara tiga indikator lainnya, yaitu tingkat pendapatan rutin, pasar saham lokal, dan kualitas hidup masyarakat mengalami sedikit penurunan pada indeks kepercayaan konsumen semester pertama 2013. Tingkat pendapatan rutin mengalami penurunan sebanyak 3,5 indeks poin (dari 96 menjadi 92,5 indeks poin), sedangkan pasar saham lokal merosot sebanyak 6,7 indeks poin (dari 81,4 menjadi 74,7 indeks poin), dan tingkat kualitas hidup turun sebanyak 9,6 indeks poin (dari 88,5 menjadi 78,9 indeks poin).

Menanggapi hasil dari survei ini, Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia, di Jakarta, Rabu (24/7/2013), mengatakan, “Tetap tingginya tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia merupakan sebuah sinyal yang bagus bagi dunia usaha di Tanah Air. Dan hal ini juga merupakan buah dari kestabilan pertumbuhan ekonomi yang berkisar di angka enam persen setiap tahunnya. Setelah mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada semester kedua 2012, masyarakat Indonesia masih cukup optimis dengan tingkat kepercayaan konsumen untuk kurun waktu enam bulan ke depan.”

Hasil terbaru dari MasterCard Worldwide Index of Consumer Confidence untuk Indonesia yang mencapai 81 indeks poin merupakan yang kedua tertinggi sejak survei pertama kali diadakan. Pada semester kedua tahun lalu, tingkat percayaan konsumen di Indonesia berhasil mencapai angka tertinggi dalam lima tahun terakhir dengan 87,5 indeks poin. Sedangkan untuk tingkat kepercayaan konsumen terendah tercatat pada tahun 2007, saat tingkat kepercayaan konsumen mencapai titik terendah dengan 36,7 indeks poin. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved