Masyarakat Lebih Banyak Berbelanja Online Kebutuhan Esensial Selama Masa Physical Distancing

Shopee mencatatkan beberapa tren utama pada platform e-commerce di tengah upaya Indonesia dalam melawan penyebaran virus Covid-19 saat ini. Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, mengatakan, dampak pandemi Covid-19 tidak hanya mengubah cara bekerja dan menjalankan hidup sehari-hari, tetapi juga mengubah perilaku berbelanja online.

Dengan adanya pemindahan seluruh aktivitas ke rumah, Shopee mencatat, kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia dari awal imbauan physical distancing diberlakukan. Masyarakat lebih banyak memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah.

Alhasil, mitra brand dan penjual di kategori perlengkapan rumah, makanan & minuman, serta kebutuhan ibu & bayi mendapatkan lonjakan permintaan dari para pengguna Shopee.

Memahami adanya peningkatan permintaan akan produk/kategori ini, Handhika mengatakan, pihaknya berupaya memastikan ketersediaan stok barang dan menjaga harga produk untuk berada di taraf wajar yang sesuai dengan kondisi pasar.

"Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini. Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip SWA Online, Jumat (08/04/2020).

Meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan. Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3 kali lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

Sehubungan dengan diberlakukannya kebijakan physical distancing, Shopee menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale tahun ini melalui #ShopeeDariRumah. Melalui kampanye ini, Shopee memberikan kemudahan berbelanja online dan mengajak masyarakat untuk turut merayakan Ramadan secara efektif.

"Kampanye Big Ramadhan Sale kami telah diterima dengan baik hingga saat ini, terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para pengguna kami, yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh para penjual dan mitra brand kami," tambah Handhika.

Walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadan dari rumah, Shopee tetap melihat adanya peningkatan atas permintaan untuk produk-produk kecantikan, muslim fesyen, dan HP pada pekan pertama Ramadan. Adapun produk-produk pada kategori dekorasi rumah dan home & living melonjak karena kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadan tahun ini.

Shopee juga mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadhan Sale dengan peningkatan 25 kali lipat terhadap jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasanya di puncak kampanye Big Ramadhan Sale pertama yang berlangsung pada 5 Mei lalu. Produk-produk terpopuler meliputi aksesoris pengendara motor, kerudung dan pakaian muslim perempuan, hingga perlengkapan dan aksesoris dapur.

Selain kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, Shopee juga akan menggelar Big Ramadhan THR Sale pada 11 Mei 2020 di mana para pengguna akan dimanjakan oleh 11 promo, dan THR Ekstra Day pada 15 Mei 2020.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)