Melongok Peluang Industri Otomotif RI 2020 Mendatang

Perusahaan konsultan bisnis global Ipsos Consulting menggelar Indonesia’s Automotive Outlook 2020, yang memaparkan tinjauan dan pandangan industri otomotif Indonesia dan regional dalam lima tahun ke depan.

“Presentasi Indonesia’s Automotive Outlook 2020 yang kami helat hari ini menghadirkan pembicara-pembicara dari Ipsos Business Consulting, Gaikindo dan Kementerian Perindustrian yang mengidentifikasi lebih dalam berbagai peluang dan tantangan bagi seluruh pelaku industri otomotif nasional,” ujar Douglas Cassidy, Head of Counsulting, Ipsos Business Consulting Indonesia dalam rilisnya.

Hadir juga pembicara terkemuka lainnya seperti Markus Scherer, Global Automotive Lead dari Ipsos Business Consulting dan 2 pembicara pendamping yaitu Noergadjito, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Afrida Suston Niar dari Direktorat Maritim, Transport dan Alat Pertahanan, Kementerian Perindustrian RI.

Ipsos

Sementara itu, Markus Scherer, pembicara utama dan Global Automotive Lead dari Ipsos Business Consulting dalam presentasinya yang bertajuk “Opportunities & Challenges in Indonesia’s Automotive Industry” memperlihatkan bukti kuat yang menunjukkan bahwa Indonesia perlahan dapat menggantikan Thailand sebagai pusat produksi otomotif utama di ASEAN. Hal ini memiliki implikasi besar bagi produsen dan penyuplai suku cadang otomotif serta pemangku kebijakan di kedua negara.

“Buktinya jelas, dalam hal tren output produksi kendaraan, perkembangan kebijakan, dan perbaikan infrastruktur, Indonesia akan terus meningkatkan kapasitas produksi, konsumsi domestik dan volume ekspor sekaligus. Produsen otomotif dan pemangku kebijakan di Indonesia, Thailand dan negara-negara lain tentu akan mempertimbangkan implikasi ini,” katanya.

Kedua pembicara lainnya yaitu Noergadjito, Sekretaris Jenderal GAIKINDO menyampaikan presentasi bertajuk “Indonesia Outlook 2016 and High Level Policy Requirement”, sementara Afrida Suston Niar dari Direktorat Maritim, Transport dan Alat Pertahanan, Kementerian Perindustrian RI menyampaikan presentasi bertajuk “Pengembangan Industri Otomotif Indonesia 2020: Kebijakan Industri Otomotif Indonesia”.

Semua pembicara menggarisbawahi tentang optimisme serta peluang yang cukup signifikan bagi Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam dunia industri otomotif di kawasan ASEAN. Acara itu juga dihadiri puluhan eksekutif dari industri otomotif seperti kalangan OEM, industri suku cadang dan pelumas serta industri pendukung lainnya seperti Astra International & Daihatsu, Mercedes Benz Distribution Indonesia, Krama Yudha Tiga Berlian (Mitsubishi), Hino Motor, Piaggio Indonesia, 3M Indonesia dan AIG Insurance.

Eddy Dwinanto Iskandar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)