Business Research

Mengapa Makin Banyak Orang Indonesia Berbelanja Online?

Mengapa Makin Banyak Orang Indonesia Berbelanja Online?

Bagi orang Indonesia, belanja online adalah pilihan yang cerdas karena memudahkan mereka untuk menghemat uang dan waktu. Seperti yang diungkapkan oleh survei Visa, kenyamanan berbelanja kapan saja di rumah dan bahkan dari mana saja merupakan faktor yang sangat mendorong perkembangan tren e-Commerce di Indonesia.

Responden mengungkapkan bahwa tersedianya fasilitas untuk dapat membandingkan harga, belanja produk-produk terbaru, dan adanya akses untuk mendapatkan penawaran menarik merupakan alasan utama mereka berbelanja online. Lebih dari setengah (60%) responden belanja online agar dapat memperoleh diskon dan tawaran promosi.

e-commerce

Hampir setengah dari mereka (49%) merasa belanja online menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko-toko yang ada di mall atau departemen store. Sedangkan seperempat dari responden (39%) mengatakan bahwa dengan belanja online mereka dapat memperoleh lebih banyak informasi ketika ingin membuat keputusan.

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Indonesia, mengatakan, hasil riset Visa menunjukkan bahwa saat ini belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup dengan melihat hampir separuh responden menyatakan bahwa mereka bahkan belanja lebih dari lima kategori produk online. Bagi pelanggan ini belanja online bukan hanya sebagai fungsi belanja semata, tetapi merupakan pengalaman yang menyenangkan dan unik dari belanja online.

Kini semakin banyak orang Indonesia berbelanja online karena kemudahannya untuk menelusuri dan berbelanja dengan nyaman tanpa merasa adanya paksaan untuk membeli (42 persen). Penawaran spesial yang ditawarkan juga merupakan faktor yang memicu orang Indonesia beralih ke belanja online (32 persen). Selain itu, hasil survei juga menyatakan bahwa orang Indonesia senang berbagi informasi tentang penawaran spesial dari belanja online kepada rekan atau sahabat mereka.

Motivasi yang sangat mendorong orang Indonesia beralih ke belanja online adalah kemudahannya untuk menjangkau pilihan produk yang lebih banyak (52 persen). Hampir separuh dari responden yang diwawancara juga mengungkapkan bahwa mereka sangat senang dengan adanya akses untuk brand eksklusif online (45 persen) dan 43 persen diantaranya mengatakan bahwa mereka cenderung berbelanja produk-produk yang tidak tersedia di Indonesia melalui online.

Akan tetapi, kekhawatiran akan pengiriman produk, harga yang lebih mahal, dan keamanan pembayaran masih menjadi hambatan bagi pengembangan eCommerce di Indonesia. Hasil survei menemukan bahwa kekhawatiran akan kemungkinan menerima barang rusak (67%) atau kekhawatiran barang tidak sampai (54%) merupakan faktor yang menghalang mereka belanja online. Pelanggan juga mewaspadai akan biaya tambahan dari pengiriman dan bea cukai (65 persen). Adanya kemungkinan untuk penyalahgunaan informasi pribadi juga membatasi orang Indonesia berbelanja online (60 persen).

Menyikapi permasalahan ini, sebanyak 61 persen dari responden menginginkan perlindungan kata sandi yang unik, sementara 59 persen menginginkan konfirmasi langsung saat pembayaran dan 58 persen mementingkan adanya kebijakan pengembalian produk untuk pembelian online. Fitur menarik yang dapat mendorong mereka untuk berbelanja online juga merupakan hal yang paling diminati termasuk manfaat yang lebih besar untuk pembelian online (57 persen) dan proses cek out dengan hanya satu langkah (48 persen).

“Seperti yang dipaparkan dari hasil survei kami, semakin banyak orang Indonesia akan beralih ke belanja online jika proses pembelian dan pembayarannya sederhana dan aman. Untuk memberikan perlindungan ekstra kepada pemegang kartu Visa ketika melakukan transaksi secara online, Visa menyediakan Verified by Visa (VbV) yang merupakan sebuah metode otentikasi yang aman untuk para pemegang kartu melalui One-Time Password (OTP) atau Password Sekali Pakai. VbV memberikan layanan penggunaan yang sederhana dengan password unik yang dirancang untuk mengkonfirmasi identitas pemegang kartu ketika kartu kredit Visa digunakan untuk belanja online, tanpa dikenai biaya,” tambah Ellyana.

Menurutnya, melihat semakin banyak orang Indonesia berbelanja online, Visa berkomitmen untuk turut memfasilitasi para nasabah guna memaksimalkan pengalaman online mereka melalui penawaran menarik dengan berkolaburasi dengan beberapa merchant. Belanja online menawarkan produk-produk yang lebih bervariasi, nyaman dan kemudahan untuk menjangkau serta membandingkan jenis barang kepada pelanggan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved