Nielsen : Konsumsi Media Lebih Tinggi di Luar Jawa

Hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen menunjukkan bahwa konsumsi media televisi di luar Jawa lebih tinggi yaitu 97%, disusul dengan radio sebesar 37%, internet 32%, koran 26%, bioskop 11%, tabloid 9%, dan majalah 5%.

Konsumsi media-media di Pulau Jawa lebih tinggi dalam penggunaan internet yaitu sebesar 34%. Khusus untuk penggunaan internet, mengalami pertumbuhan tertinggi dalam 4 tahun terakhir yaitu mencapai dua kali lipat, baik di Jawa maupun luar Jawa.

nielsen
“Pertumbuhan konsumsi internet melalui akses bergerak (mobile) seperti telepon genggam dan wi-fi lebih tinggi di Jawa (5X lipat) dibandingkan di luar Jawa (3X lipat). Di kota-kota besar di Jawa kini kita semakin mudah mendapatkan akses internet melalui tempat-tempat yang menyediakan akses wi-fi gratis. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena kualitas infrastruktur yang berbeda anatar Jawa dan luar Jawa, “ ucap Irawati Pratignyo, Managing Director, Media, Nielsen Indonesia.

Konsumsi surat kabar di luar Jawa sebanyak 26%, lebih tinggi dibanding di Jawa yaitu 11%. Sedangkan dalam penggunaan radio di luar Jawa 37% dan di Jawa 18%. Tingginya pertumbuhan tingkat komsumsi media di luar Jawa ini sejalan dengan data BPS yang menunjukkan pertumbuhan penduduk di luar Jawa lebih tinggi/cepat dibanding di Jawa. Selain itu, besaran GDP dan laju peningkatan GDP yang lebih tinggi di luar Jawa ini akan terus berlangsung hingga tahun 2030.

Perkembangan yang di terjadi di luar Jawa ini diiringi dengan peninkatan pola konsumsi di bidang lain. Konsumen di kota-kota di luar Jawa lebih gemar berbelanja, makan di luar rumah, dan melakukan perjalanan domestik. Sebanyak 62% konsumen di luar Jawa giat berbelanja di pusat perbelanjaan, sedangkan di Jawa berada dalam besaran 42%.

Untuk aktivitas makan di luar rumah, 44% konsumen di luar Jawa melakukannya dalam sebulan terakhir, sedangkan di Jawa berada dalam besaran 37%. Sebanyak 97% konsumen di luar Jawa gemar melakukan perjalanan domestic, sedangkan di Jawa ada dalam besaran 93%.

Data-data tersebut didapatkan Nielsen setelah melakukan survei yang mencakup 24 stasiun televises, 95 surat kabar, dan 163 majalah dan tabloid. Sedangkan informasi belanja, diperoleh dari data Advertising Onformation Services yang memonitor aktivitas periklanan Indonesia. Survei ini bertujuan untuk memberitahukan potensi wilayah di luar Jawa yang sangat besar. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)