Penetrasi TV Multichannel Asia Pasifik Mendominasi 58% | SWA.co.id

Penetrasi TV Multichannel Asia Pasifik Mendominasi 58%

Berdasarkan laporan dari SNI, Kagan, penetrasi TV multichannel di Asia Pasifik mendominasi sebesar 58%. Pertumbuhan tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga 65,4% di akhir 2014 dan 68,7% di tahun 2017. Sementara pendapatan rata-ratanya relatif masih rendah dengan estimasi video subscription yang diperoleh sebesar US$ 33,7 miliar di tahun 2012.

indovision

Chris Skinner, MD UM Hong Kong, menyatakan bahwa pendapatan TV berbayar akan meningkat secara kontinyu. Chris menjelaskan,  TV berbayar kini mendapat 19%-nya dari fee total pendapatan TV. “Ini diprediksi akan terus meningkat ke angka 23% sampai tahun 2018. Kami juga memprediksikan bahwa CAGR untuk TV berbayar selama 5 tahun mendatang akan mencapai 13,7%. Jadi out look-nya kuat,” ujarnya.

Data Peoplemeter juga sepakat bahwa 79% dari pemirsa TV rata-rata menonton TV multichannel dalam sebulan. Jumlah affluent audiences-nya sendiri terus meningkat hingga 86%. Pengaruh dari pasar penonton mapan ini memang tidak bisa diabaikan, terutama ketika terjadi kenaikan kepemilikan three screen viewing yakni, TV, tablet, serta ponsel pintar.

Lebih dari 80% populasi APAC memiliki ponsel pintar. Kepemilikan tablet juga sama tingginya, yaitu 57% untuk Hongkong, 47% untuk Singapura, dan 42% untuk Malaysia. Merangkaknya segmen menengah di beberapa negara berkembang seperti Indonesia dan Vietnam juga diprediksi akan meningkatkan pasar TV berbayar ini ke depannya. (EVA)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)