Pengaruh Kenaikan BBM Terhadap Penjualan Mobil Cuma Sementara

Pemerintah sekarang ini berusaha untuk mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) demi mengamankan anggaran negara. Solusi yang sekarang sedang hangat dibahas adalah memasang dua harga yang berbeda bagi masyarakat. Mobil yang berplat hitam akan dikurangi subsidinya, alias ada kenaikan harga BBM bersubsidi bagi mereka. Sedangkan mobil berplat kuning dan sepeda motor rencananya tidak akan ada kenaikan harga.

Terhadap rencana pemerintah tersebut, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku dampak kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap biaya produksi terbilang kecil. Kenaikan harga justru lebih berdampak kepada penjualan mobil. Akan tetapi, imbas penyesuaian harga BBM kepada penjualan mobil dipandang hanya sementara saja.

Di sela-sela peresmian pabrik Karawang Assembly Plant, di Karawang Timur, Senin (22/4/2013), Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, mengatakan, “Kami sudah mempelajari dan mengamati, kenaikan BBM ini kan sudah beberapa kali di Indonesia. Pada dasarnya kenaikan BBM itu terhadap cost tidak begitu besar.”

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM

Terhadap biaya produksi, terang dia, yang paling berpengaruh adalah harga baja dan nilai tukar. Lalu, ia pun menuturkan, “Kalau (kenaikan harga) BBM itu lebih ke arah demand atau customer yang beli mobil cenderung pilih-pilih.”

Misalnya, ia memberikan contoh kejadian tahun 2004. Saat itu, pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Ternyata, kebijakan itu berimbas pada penurunan permintaan mobil. Akan tetapi, penurunan pembelian mobil itu tidak berlangsung lama. Karena, Amelia berujar, kemungkinan konsumen sudah menyesuaikan gaya hidup mereka terhadap dampak dari kenaikan harga BBM bersubsidi.

“Pada waktu kami pelajari kasus 2004, kenaikan (harga) BBM itu impact-nya sekitar tiga bulan. Jadi, ada penurunan demand sekitar tiga bulan, dan sesudah itu kebutuhan kalau memang ada tidak terbendung,” Amelia menegaskan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)