Penggunaan Instagram Stories di Indonesia Meningkat 28% di Bulan Ramadhan

Karya lima kreator ini diharapkan dapat ditemukan dan diapresiasi oleh lebih banyak orang.

Ramadhan merupakan momen yang sangat spesial. Menurut data dari Forbes (As Ramadan Kicks Off, Asia’s Online Retailers Cash in With Mobile Commerce, Mei 2018), 87% dari orang Indonesia merayakan Ramadhan. Aplikasi berbasis gambar Instagram melihat bahwa momen interaksi untuk berbagi, bahkan meningkat lebih tinggi di bulan Ramadhan.

Data internal Instagram tahun lalu (20 Januari– 24 Juni 2018) menunjukkan, bahwa penggunaan Instagram Stories di Indonesia meningkat hingga 28% di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Sepanjang bulan Ramadhan, keluarga menjadi topik yang paling banyak diposting oleh para pengguna Instagram di Indonesia. Umumnya pengguna membuat postingan seputar Ramadhan pada saat siang dan sore hari,” ujar Aldo Rambie, Client Partner Facebook & Instagram Indonesia di Jakarta, Selasa (14/05/2019).

Aldo melanjutkan, bulan Ramadhan juga mendorong masyarakat Indonesia untuk memposting dan mengirimkan pesan yang mengandung makna kebaikan kepada para pengikut mereka. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan penggunaan beberapa hashtag selama seminggu pertama bulan Ramadhan tahun ini, seperti #selamatmenunaikanibadahpuasa, #selamatberbukapuasa, dan #quotesramadan.

Sementara lima hashtag lain yang paling banyak digunakan orang Indonesia mulai dari hari pertama puasa tahun ini hingga hari ini (6 Mei – 13 Mei 2019) di antaranya #selamatberpuasa, #tokoparselmurah, #happyfasting, #sepatumuslimahsporty, dan #semangatpuasa.

“Misi dari Instagram adalah mendekatkan pengguna dengan hal-hal yang mereka cintai. Ada tiga hashtag yang berhubungan dengan keluarga dan itu relevan dengan misi kami,” katanya.

Instagram juga meluncurkan filter bertema Ramadhan pertama di Instagram Stories untuk pengguna di seluruh dunia. Filter yang diberi nama “Lantern” ini bisa ditemukan di pilihan filter Instagram Stories mulai 5 Mei hingga 5 Juni 2019. “Lantern” menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain saat diketuk.

Khusus di Indonesia, Instagram berkolaborasi dengan lima kreator Indonesia untuk menciptakan stiker GIF berisikan pesan singkat yang kerap dibagikan pada momen-momen penting di bulan ini, seperti sahur, ngabuburit, berbuka puasa, Selamat Lebaran, dan ucapan “Mohon maaf lahir dan batin”. Lima kreator tersebut adalah Thepopo, Byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau dikenal dengan Bulletos, dan Haikal.

“Kami melihat penggunaan hashtag #ramadhan dan #bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu, maka kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories,” ujar Putri Silalahi, Communications Manager Instagram Asia-Pacific.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)