Penjualan Pulsa Naik 1.000%, Resto Anjlok 70% Selama Pandemi

Foto: Steve Buissinne/Pixabay

BukuWarung mengeluarkan data dampak pandemi pada penggunanya di seluruh Indonesia. BukuWarung yang merupakan aplikasi pencatatan keuangan untuk UMKM melaporkan dampak pandemi terbesar dirasakan oleh industri restoran, olahraga & hobi, serta toko bangunan.

Jumlah transaksi di industri restoran anjlok hingga 70% dengan pendapatan turun hingga 80%. Tak jauh berbeda, industri olahraga & hobi dan toko bangunan juga merasakan hal sama. Industri olahraga & hobi bahkan mengalami penurunan hingga 90% dari segi pendapatan, sedangkan untuk industri toko bangunan turun sebesar 65%.

Namun, BukuWarung melihat peningkatan pendapatan usaha pulsa sebesar 1.000%, usaha kecantikan/kesehatan meningkat 800%, logistik meningkat hingga 400%, dan industri laundry meningkat 300%.

Pendiri BukuWarung, Abhinay Peddisetty, mengatakan, pandemi memang telah mengubah kebiasaan masyarakat secara umum. Ia menyebut penurunan di berbagai sektor harus segera ditindak lanjuti dengan inovasi agar bisnis tetap relevan dengan tatanan kehidupan yang baru.

“Mereka yang meraup keuntungan dari perubahan kebiasaan ini harus bisa dengan bijak dalam pengelolaan, jangan sampai bisnis tidak siap menghadapi lonjakan yang terjadi dalam kurun waktu yang singkat,” paparnya.

Buku Warung melihat penurunan transaksi di UMKM bisa disikapi dengan sedikit adaptasi. Salah satunya adalah mulai masuk ke ranah digital atau online. Pebisnis UMKM di bidang makanan misalnya, bisa mulai memikirkan untuk menjual makanan secara online, baik itu masuk ke dalam sistem aplikasi pengantaran atau menjajakan sendiri melalui akun media sosial.

Menjadi mitra UMKM, BukuWarung menyediakan produk pencatatan keuangan dan utang pelanggan, serta fitur untuk pengingat melalui SMS.

Saat ini BukuWarung sudah digunakan oleh lebih dari 500.000 pengusaha di seluruh Indonesia sejak didirikan pada akhir tahun 2019 oleh Abhinay Peddisetty dan Chinmay Chauhan

Tags:
BukuWarung

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)