Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Perbankan Nasional

Berdasarkan data Bank Indonesia, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan nasional per Desember 2015 tumbuh 7,26% menjadi 4.413 triliun dari sebelumnya 4.114 triliun pada Desember 2014. Dalam Survei Perbankan Bank Indonesia, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) diperkirakan melambat pada kuartal I-2016, terutama disebabkan oleh perkiraan penurunan suku bunga dana. Adapun pada kuartal I-2016, rata-rata suku bunga dana (cost of fund) diperkirakan turun sebesar 3 basis poin menjadi 7,02 persen.

Pertumbunan Dana Pihak Ketiga Perbankan Sumber: Bank Indonesia

 

Melemahnya pertumbuhan DPK diperkirakan terjadi pada Bank skala menengah dan bank besar, terutama karena penurunan suku bunga dana dan kondisi likuiditas bank. Berdasarkan data BI, suku bunga hingga November 2015 mengalami tren penurunan terutama bunga Deposito.

 

Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Irwan Lubis menyatakan, tantangan terbesar perbankan di 2016 bukan tentang kredit bermasalah, namun persoalan dana. Loan to Deposit Ratio (LDR) hampir di posisi 90 persen yang tergolong cukup tinggi, maka tidak mudah bagi perbankan untuk mencapai pertumbuhan kredit tanpa didukung pertumbuhan dana yang baik. (Sarah Ratna Herni)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)