Perusahaan Peraih IHCA-VII-2021 Andalkan Semangat Bertransformasi

Pelatihan  dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) harus diutamakan untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kinerja, dan mengembangkan kompetensi karyawan yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Merespons kondisi tersebut, Economic Review, berkerja sama dengan Perbanas Institute, NBO Group, Thomas International, Indonesia-Asia Institute, GNIK- Gerakan Nasional Indonesia Kompeten, Universitas Al Azhar Indonesia, Perempuan Pemimpin Indonesia, Pemimpin Nusantara Bersatu beserta Ideku Group  kembali menyelenggarakan “Indonesia Human Capital Award - VII - 2021”,  ajang penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang mampu mencetak SDM-SDM terbaik dalam segala tantangan dan kondisi persaingan bisnis saat ini. Acara ini dikemas dalam  National Human Capital Conference & Indonesia Human Capital Award-VII-2021 (IHCA-VII-2021).

Tahun  ini acaranya mengangkat tema ”Managing People Collaboration through HC Data Analytics & Technology Savvy in Complex Era” (”Mengelola Kolaborasi Orang melalui Analisis Data HC & Kecerdasan Teknologi di Era yang kompleks”) -VII-2021 yang berlangsung Jumat, 17 September 2021.

Teknologi acap kali dianggap jadi ancaman ketika diterapkan dalam sebuah bidang pekerjaan. Sehingga banyak pekerja terdampak atas kehadiran teknologi. Hal ini tak jarang membuat pekerja di seluruh dunia cemas bagaimana hal itu dapat memengaruhi prospek karier mereka. “Oleh karenanya seluruh SDM harus menyadari bahwa kita dapat mengamankan karier bukan dengan mencari pekerjaan yang aman atau semakin mengembangkan keterampilan kita, namun ada pendidikan yang memang perlu berubah secara dramatis jika pekerja ingin beradaptasi dengan zaman baru ini," ujar Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM.

Irlisa yang akrab disapa Nana menambahkan apabila tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi maka perusahaan akan tergilas pada arus perubahan itu sendiri. Dengan adanya hal ini, eksistensi pelatihan dan pengembangan SDM harus diutamakan untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kinerja, dan mengembangkan kompetensi karyawan yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

IHCA adalah kompetisi terbuka yang dapat diikuti oleh Perusahaan BUMN Tbk, BUMN Non Tbk, Anak Perusahaan BUMN, swasta Tbk, swasta non Tbk, yang telah melalui beberapa seleksi penjurian yang dilakukan secara tatap muka dengan mengisi kuestioner, melakukan presentasi dan wawancara langsung dengan seluruh juri.

Ketua Dewan Juri IHCA-VII- 2021 DR. Stefanus M.S.Sadana,Drs,Msi. memaparkan proses penilaian Indonesia Human Capital Award VII (IHCA VII) telah berlangsung sejak Maret 2021 meski pun dalam situasi pandemic, keikutsertaan peserta meningkat signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada tahap seleksi administratif melibatkan hampir 500 perusahaan di Indonesia publik & non Publik.

“Kami menyusun seleksi administratif berupa self-assessment kuesioner kuantitatif dan kualitatif berdasarkan konsep human capital terkini dengan memodifikasi 7 S McKinsey yang sudah teruji sejak tahun 80-an yang diimplementasikan dalam 9 S dengan menambahkan Social Relation dan Strategic Performance. Proses tahap kedua peserta mengerucut setelah melalui proses pengisian dan kelengkapan bukti kuesioner,” papar Dr. Stefanus M.S.Sadana.

Menurutnya, proses panjang penjurian ini sangatlah tidak mudah. Beberapa kali sesi penjurian mencapai jumlah partisipan mendekati 30 orang .  “Ini sungguh menjadi apresiasi kami. Tahap ketiga pendalaman dan analisis dewan juri melalui rapat-rapat yang berlangsung alot dan berlangsung dalam beberapa kali putaran, baik diskusi langsung maupun melalui medsos. Setidaknya lebih dari 5 tahap dan metode pendekatan seperti diskusi, argumentasi, analysis mendalam, dan kalibrasi,” ujar Stefanus.

Dalam rapat juri dicapai kesepakatan, seluruh peserta mendapatkan penilaian platinum, gold, atau silver dalam 11 kategori penghargaan yang dijiwai kompetisi dengan sebutan Best of Company in: 1. Performance Management, 2. Culture Integration, 3. Human Capital Architecture, 4. HR Technology, 5. Business Innovation, 6. Learning Innovation, 7. Organization Capabilities, 8. Talent Acquisition & Retention, 9. Employee Engagement, 10. HR Contribution to Community, dan 11. HC Director.

Adapun beberapa peraih perusahaa penghargaan IHCA- VII- 2021 yakni Dharma Group, Pegadaian, PGN, PLN, PUSRI, WIKA Gedung,  Link Net ( First Media ), Bank BJB, Bank Jatim, BPJamsostek, PJB, Geo Dipa Energi, Petrokimia Gresik,  United Tractors, Polytama Propindo, Pelindo III, Bank Muamalat, Bank Danamon, Hutama Karya, Mandiri Utama Finance, Bank BCA, Jasa Raharja, Bank Maybank, JIEP, Danareksa, dan Bank BPD Bali.

Penjurian IHCA-VIII-2021, bersifat inklusif dengan pendekatan tripe helix mewakili unsur akademisi, praktisi, konsultan, dan lembaga swadaya masyarakat. Dimulai dengan penentuan parameter penilaian sesuai teori akademik terkini dan praktik terbaik (best practice) yang comply dengan undang-undang, khususnya Kepmenakertrans 307/2014 yang diperbarui melalui SK Kepmenaker 149/2020 tentang Standar Kompetensi Manajemen Sumberdaya Manusia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)