Produsen Mobil Jangan Remehkan Pengaruh Website terhadap Pembeli

Produsen dan penjual mobil di Indonesia dilarang menganggap enteng sumber rujukan online. Survei membuktikan, 96% calon pembeli mobil di Indonesia akan melakukan riset online dulu sebelum pergi ke penjual mobil. Persentase tersebut merupakan poin tertinggi di lingkup Asia Tenggara.

Dan rawannya, 44% pembeli yang telah melakukan riset online akan mengubah pilihan merek mobil mereka setelah mendapatkan informasi baru di website. Demikian dirilis oleh Netpop dan Google yang baru-baru ini melakukan sebuah survei terhadap 35.000 pembeli mobil di 22 negara.

Google"Penelitian ini memperkuat data tentang meningkatnya jumlah pencarian terkait industri otomotif yang kita lihat pada pencarian Google di Indonesia,” terang Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia, hari ini (28/8) dalam pernyataan tertulisnya.

Tren pencarian di Google Web Search pun memperkuat hasil survei Netpop. Merek otomotif, macam Toyota, Honda, Suzuki, adalah salah satu pencarian popular di Google, dengan merek mobil yang paling banyak dicari tahun lalu merupakan kendaraan baru yang diluncurkan pada tahun 2012.

Otomotif adalah salah satu vertikal yang memiliki pertumbuhan tercepat dalam volume pencarian. Kebanyakan brand di Indonesia belum memanfaatkan potensi penuh dari media digital," lanjut Rudy menyayangkan. Pihaknya berharap, survei ini bisa bermanfaat positif untuk memperkuat hubungan produsen otomotif dengan konsumen online.

Pada intinya, studi yang dimaksud Rudy merupakan temuan sejauh mana internet mempengaruhi keputusan pembeli mobil, khususnya di Tanah Air. Rupanya, mereka mengakses website untuk membandingkan harga, mencari foto-foto, termasuk menonton video online. Perangkat digital yang dipergunakan pun beraneka ragam, mulai dari komputer hingga ponsel. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)