PT Dirgantara Indonesia Kenalkan Pesawat N219 Bulan Depan

 

Manajer Hukum dan Hubungan Masyarakat PT Dirgantara Indonesia, Irland Budiman, mengatakan pesawat N219 yang tengah digarap bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional akan segera diperkenalkan kepada publik pada November 2015. Menurut dia, proses perancangan pesawat saat ini sudah mencapai 90 persen.

"Pembuatan pesawat sudah sekitar 90 persen untuk di roll out- kan. Tapi, untuk first flight nanti sekitar bulan Mei 2016," kata Irland di kantornya, Kamis, 29 Oktober 2015.dirgantara

Pesawat N219 merupakan proyek kerjasama antara Lemabaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dengan PT DI. N219 merupakan pesawat yang dirancang untuk transportasi sipil maupun militer. Pesawat ini mampu menampung 19 penumpang.

Irland membantah kabar pesawat baru ini terbuat dari kayu triplek. Menurut dia, tidak mungkin ada komponen yang tidak sesuai dengan standar dalam perancangan pesawat tersebut. “Part by part yang digunakan oleh pesawat N219 pasti akan diperiksa oleh Inspektorat PT DI dan Kementerian Perhubungan. Jadi sangat tidak mungkin pesawat itu terbuat dari kayu," katanya. Dia mengatakan, prototype N219 yang kini tengah dalam perancangan ini merupakan unit yang nantinya akan diuji terbangkan pada pertengahan 2016.

Sementara itu, Chief Engineering N219, Palmana Banandhi, mengatakan pesawat ini memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor di kelasnya. Menurut dia, pesawat tersebut mampu mengangkut barang dan manusia. "Jadi pesawat ini mampu menarik keuntungan pilot 500 kilogram dari pesaingnya. Kalau dari sisi performance hampir sama,” katanya.

Menurut Palmana, proses pembuatan pesawat hingga saat ini sudah mencapai tahap sertifikasi. Sertifikasi tersebut dilakukan pada setiap komponen-komponen pesawat. "Setiap single part pasti dilakukan pemeriksaan oleh inspektor PT DI dan Kementrian Perhubungan," katanya.

Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)