Rumah123.com Paparkan Hasil Property Sentiment Survey

Rumah 123 bagian dari iProperty Group kembali melaporkan hasil property sentiment survey yang secara rutin dilakukan iProperty Group secara serentak di Indonesia, Malaysia, Hong Kong dan Singapura.

kika: Raetady Refanatha (Head of Marketing Development) dan Mario Gaw (General Manager) Rumah123.com    kika: Raetady Refanatha (Head of Marketing Development) dan Mario Gaw (General Manager) Rumah123.com

Banyak hasil yang cukup menarik dalam pemaparan Rumah123.com di Tee Nine Resto, Gedung Indosurya Thamrin. Secara umum pertumbuhan pasar properti di Indonesia cenderung melambat walaupun permintaan masih terus bertambah seiring masalah housing backlog yang telah berlangsung lama.

Terkait dengan investasi luar negeri, responden melirik Singapura sebagai negara yang menjadi tujuan investasi paling menarik disusul Amerika Serikat dan Malaysia. Sekitar 67% responden berpikir sudah saatnya kaum urban tinggal di apartemen atau hunian bertingkat yang lebih dekat ke wilayah aktivitas untuk mengatasi keterbatasan lahan dan masalah kemacetan luar biasa.

Lebih dari sebagian responden menganggap alokasi dana untuk mengatasi krisis rumah nasional belum efektif walaupun 61% responden berharap FLPP terus dilanjutkan di era pemerintahan Jokowi.

Walaupun cukup terpengaruh oleh kebijakan Loan to Value (LTV) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), hasil survei menunjukkan 75% responden masih memercayakan pinjaman bank sebagai sumber kredit properti mereka walaupun 53% responden juga menganggap berbagai program kredit yang ditawarkan langsung oleh developer merupakan terobosan dan menjadi poin pertimbangan mereka mendapatkan properti.

Mario Gaw, General Manager Rumah123.com, mengatakan, “Rumah123.com secara rutin mengadakan Property Sentiment Survey sebanyak dua kali setahun. Kami harapkan laporan ini dapat menjadi tambahan referensi bagi pelaku industri properti yang berasal dari sudut pandang konsumen online."

Survei Online yang dilakukan selama 1,5 bulan pada Januari 2015 ini juga mengungkapkan Jakarta Selatan sebagai tujuan utama responden saat memburu properti. Secara mengejutkan Bogor berhasil meraup suara tertinggi sebesar 37% sebagai wilayah paling dicari di kota penopang Jakarta yang selama ini dikuasai oleh Tangerang yang harus puas mengikuti di posisi kedua dan disusul dengan Bekasi.

Berbicara potensi kota luar Jabodetabek, Bandung menjadi kota favorit pencarian properti diatas Yogyakarta, Surabaya dan Medan.

Rumah123.com pada awal April lalu juga meluncurkan mobile apps Rumah123.com PRO yang ditujukan untuk agen properti profesional. Aplikasi ini hadir untuk memberi kemudahan agen properti untuk mengatur listing properti mereka cukup dengan tiga langkah saja. Pertama, memasukkan informasi lokasi. Kedua, memasukkan spesifikasi properti. Ketiga, melengkapi foto listing. Berbagai kemudahan  menjadi terobosan bagi agen properti dalam menjalankan pekerjaan sehari-­‐hari mereka menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Saat ini Rumah123.com PRO telah tersedia di Google Play Store untuk pengguna smartphone berbasis Android dan segera tersedia dalam waktu dekat di IOS. Peluncuran ini bukti inovasi Rumah123.com secara terus menerus untuk 10 ribu agen properti yang telah bergabung dan mendukung perkembangan Rumah123.com selama 8 tahun terakhir. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)