Rupiah Bergerak Naik Sore Ini

Berdasarkan data yang dilansir www.BI.go.id, terpantau nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa sore, bergerak menguat tipis sebesar empat poin menjadi Rp13.270, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.274 per dollar AS.

Sedangkah, harga minyak jenis WTI, sore ini terpantau menguat 0,06 persen menjadi 53,11 dolar AS per barel, dan Brent naik 0,14 persen menjadi 56,06 dolar AS per barel.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta saat dihubungi via telepon oleh redaksi SWA Online, menuturkan, aliran dana asing yang masuk ke dalam instrumen keuangan di dalam negeri masih menjadi penopang utama bagi Rupiah.

Samuel menambahkan, Rupiah di area positif tampaknya kembali terjadi meski dalam kisaran yang terbatas menyusul sinyal hawkish The Fed terhadap kenaikan suku bunga. "Perekonomian AS dinilai cukup sehat sehingga berpeluang untuk menaikkan suku bunga secara bertahap," tambah Samuel.

Di sisi lain, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi global yang masih akan melambat dalam beberapa bulan ke depan, juga masih menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh pelaku pasar untuk masuk ke negara berkembang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)