Samsung dan Android Kuasai Pasar Amerika, SMS Tetap Jadi Andalan

Mengawali Mei 2012, comScore lembaga survei Amerika spesifikasi di dunia digital merilis hasil surveinya yang cukup unik. Setelah mensurvei lebih dari 30 ribu pengguna ponsel di Amerika dalam kuartal pertama 2012, diketahui bahwa handset Samsung mendominasi Produsen Peralatan Orisinal atau Original Equipment Manufacturer (OEM) hingga 26 persen. Untuk pangsa pasar platform ponsel cerdas didominasi Google Android 51 persen. Meski didominasi handset canggih, 74,3 persen pengguna masih mengandalkan fitur pesan singkat (SMS) pada ponsel mereka.

Dibandingkan kuartal terakhir 2011, prosentase pengguna handset Samsung di Amerika naik 0,7 persen. Adalah handset LG, OEM yang banyak digunakan pengguna ponsel Amerika. Prosentase pengguna handset tersebut adalah 19,3 persen, turun 0,7 persen dari kuartal sebelumnya. Sementara itu Apple menduduki rangking ketiga handset yang paling banyak digunakan orang Amerika usia 13 tahun ke atas dengan prosentase 14 persen. Meski tidak mendominasi, kenaikan prosentase Apple cukup baik yaitu 1,6 persen diikuti Motorola dan HTC. Kedua OEM handset tersebut menguasai 12,8 persen dan 6 persen pasar ponsel Amerika.

Lebih dari 106 juta penduduk Amerika memiliki ponsel cerdas hingga akhir Maret 2012. Desember lalu adalah 96 juta penduduk Amerika yang memiliki ponsel cerdas. Dari sekian banyak ponsel cerdas, 51 persen di antaranya menggunakan platform Android. Dalam tiga bulan, prosentasenya naik 3,7 persen dari 47,3 persen. Meski tak sebaik Android, pengguna Apple juga naik 1,1 persen dalam waktu yang sama menjadi 30,7 persen. RIM yang masih trend di Indonesia, ternyata pasarnya tengah menurun 3,7 persen hingga 12,3 persen. Sementara itu platform Microsoft hanya 3,9 persen dan Symbian 1,4 persen.

74,3 persen pengguna ponsel Amerika masih memanfaatkan pesan singkat pada ponsel mereka. 50 persen pengguna mengandalkan ponsel untuk mengunduh aplikasi. Desmber tahun lalu masih 47,6 persen pengguna ponsel yang melakukannya. Hingga Maret 2012, 49,3 persen melakukan browsing internet dan 36,1 persen mengakses jejaring sosial serta blog di ponsel. Dari lebih dari 30 ribu responden, hanya 32,6 persen yang menggunakan ponsel mereka untuk bermain games dan 25,3 persen mendengarkan musik.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)