Sebanyak 30 Juta Penduduk Indonesia Menggunakan Opera Mini

Laporan State of the Mobile Web menyebutkan, lebih dari 30 juta penduduk Indonesia menggunakan browser Opera Mini untuk mengakses informasi secara online. Usia rata-rata para pengguna Opera Mini di Indonesia sekitar 24 tahun. Sebanyak 81% pengguna mengakses internet beberapa kali dalam sehari melalui perangkat telepon genggam.

opera-mini modif gratis untuk java s40

"Semakin banyak penduduk Indonesia yang terhubung dengan internet melalui perangkat mereka, kami percaya bahwa Opera Mini adalah browser tercepat dan paling mudah digunakan yang tersedia di pasaran," klaim Lars Boilesen, CEO Opera Software. Lebih dari tiga kal lipat jumlah pendudk Jakarta, menjadi pengguna aktif Opera Mini di Indonesia.

Pertumbuhan pengguna Opera Mini pada perangkat Android mencapai 156% antara bulan Juli 2013 hingga Juli 2014. Pada periode yang sama, pertumbuhan pengguna Opera Mini iOS mencapai 71%, diikuti oleh pengguna BlackBerry sebear 54%.

"Lebih dari seperempat pengguna kami saat ini menggunakan platform Android. Mereka meningkat 2,5 kali lipat dalam setahun, seiring dengan pertumbuhan pasar Android di Indonesia," ujar Boilesen.

Secara keseluruhan, penetrasi smartpone di antara para pengguna Opera Mini meningkat dari 10% menjadi 26%, hal ini menunjukan adanya peningkatan angka konsumen yang meninggalkan feature phone dan beralh ke smartphone.

Indonesia adalah rumah terbesar kedua bagi komunitas Opera Mini di dunia setelah India. Di Indonesia, Opera bekerjasama dengan Original Equipmnt Manufacturer (OEM) lokal dan para operator telekomunikasi untuk membantu menyediakan pengalaman browsing berkualita tinggi pada perangkat yang berbeda-beda.

Untuk dapat bersaing dengan native browser, Agnes Agastia, Communication Manager Opera Indonesia, mengataka bahwa pihaknya bekerja sama dengan Microsoft. "Kami bekerja sama dengan Microsoft untuk nantinya browser opera bisa di pasang di perangkat Asha secara pre-instal. Jadi nantinya pengguna dapat langsung menggunakan Opera Mini tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu," papar Agnes.

Keunggulan dari Opera Mini juga terdapat pada fitur updatenya. Bagi penggua yang tidak ingin terganggu koneksi internetnya, dapat merasa tenang dengan fitur silence update. Silence update ini hanya mengunduh fitur-fitur terbaru saja tanpa harus mengunduh aplikasi Opera Mini secara keseluruhan. "Dengan silence update, pengguna tidak akan merasa sambungan internetnya terganggu. Jadi pengguna bisa merasakan pengalaman berinternet tanpa adanya gangguan," ujar Agnes. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)