Segera Dirilis Daftar Merek Lokal Paling Bernilai Versi Brandz

Setelah sukses merilis daftar 100 merek  paling bernilai dunia versi Brandz, kini instrumen penelitian tersebut masuk ke Indonesia yang juga merupakan negara ketiga di Asia yang nilai mereknya akan dievaluasi oleh instrumen penelitian ini. Di bawah naungan WPP dan Millward Brown, Brandz telah melakukan survei dan penilaiannya terhadap brand-brand Indonesia semenjak bulan April 2015 silam dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 19 Agustus 2015.

"Pada 19 Agustus nanti Brandz akan mengumumkan daftar 50 merek paling bernilai di Indonesia," ujar Richard McLeod, Account Director Millward Brown. Selama 5 tahun lalu pihakya mulai survei dan membuat ranking seperti ini juga di China, lalu berlanjut ke India, serta Amerika Latin. Jadi secara global, Indonesia adalah negara keempat dievaluasi mereknya.

Richard McLeod, Account Director Millward Brown Richard McLeod, Account Director Millward Brown

Richard menegaskan bahwa survei ini bisa dipercaya karena metode yang digunakan telah teruji akurasinya. Diklaim bahwa Brandz telah mewawancarai 3 juta konsumen terhadap 100.000 merek di lebih dari 50 pasar.

"Brandz adalah instrumen survei yang telah dijalankan oleh WPP selama 10 tahun secara global. Brandz ini pendekatan yang unik dalam menilai seberapa bernilainya sebuah merek. Yang kami lakukan adalah  melihat kekuatan sebuah merek dari segi finansialnya, pendapatan finansial dari brand tersebut. Lalu kami gabungkan itu dengan persepsi konsumen. Jadi dalam survei kami, banyak sekali aktivitas riset langsung kepada konsumen dalam melihat kekuatan sebuah merek," Richard menjelaskan.

Menurutnya, Indonesia adalah pasar yang sedang berada di momentum penting di mana bisnis-bisnis lokal banyak meluncurkan merek baru di pasar ini. Cara merek-merek dibangun di sini juga mulai berubah. Mungkin beberapa tahun lalu, cukup bagi sebuah merek untuk hanya diketahui oleh orang banyak, memiliki banyak iklan di TV, dan banyak distribusi. Tapi sekarang pihaknya melihat bahwa sebuah merek harus memiliki arti dan memiliki hubungan personal dengan pelanggan untuk dapat berkembang.

Data Brandz membuktikan bahwa merek yang berinvestasi dalam membangun hubungan seperti ini terhadap pelanggannya dapat lebih sukses secara komersial dan lebih bernilai..

Meski daftar tersebut belum dirilis, Brandz mengungkap beberapa fakta seputar daftar tersebut. Ada 25 brand yang berada dalam posisi terbawah pada daftar itu memiliki brand value sebesar US$13,6 miliar, sedangkan yang 25 teratas sebesar US$51 miliar.

Menurut Samir Gupte, Managing Director PT Geometry Global yang juga bekerja sama dengan Brandz, ini berarti bisnis di Indonesia yang memelihara kekuatan merek dapat bernilai hingga 4 kali lipat dibandingkan yang tidak.

Laporan data Brandz Top 50 Most Valuable Indonesian Brands ini diklaim berisi pengetahuan yang mendalam untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi sukses agar brand mereka bisa berkompetisi baik di pasar lokal maupun pasar dunia. Di dalam laporan data tersebut akan terdapat profil singkat dari 50 merek lokal paling bernilai di Indonesia versi Brandz, rekomendasi untuk membangun sebuah merek yang didasari analisis ahli tentang pasar, eksplorasi tren antarnegara, serta pembelajaran dari negara berkembang utama lainnya seperti Cina dan India dalam membangun kekuatan merek. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)