Selandia Baru ‘Nomor Satu untuk Bisnis’ Versi Forbes

Selandia Baru dinobatkan sebagai negara terbaik di dunia untuk in charge bisnis. Temuan ini didapat melalui publikasi bisnis terkemuka, Forbes. Selandia Baru dinyatakan naik satu peringkat dari posisi kedua ke posisi pertama dalam daftar Forbes tahun lalu.

Aktivitas pabrik geothermal di Selandia Baru

Forbes menempatkan Selandia Baru di posisi empat teratas dari 11 kriteria yang meliputi perlindungan investor, kebebasan pribadi, minim birokrasi, dan minim korupsi. Artinya stabilitas usaha, potensi kewirausahaan dan dedikasi untuk menjalankan bisnis yang transparan di Selandia Baru menjadi modal kuat dalam penilaian ini.

Contoh sukses Selandia Baru di bidang bisnis yakni adanya New Zealand Trade and Enterprise (NTZE). NTZE adalah badan pengembangan bisnis internasional Selandia Baru yang berperan untuk membantu pebisnis Selandia Baru dalam membangun aliansi strategis serta mengembangkan hubungan dagang internasional. Dengan memiliki 45 jaringan di seluruh dunia, termasuk Jakarta, NZTE mempunyai kesempatan untuk terhubung dengan dunia melalui ciptaan teknologi, inovasi, serta solusi global untuk pasar-pasar utama.

Dalam hal ini NZTE berfungsi sebagai jembatan antara  pembeli dan investor internasional ke industri Selandia Baru yang sifatnya jangka panjang. Adapun bisnis-bisnis yang berpotensi untuk tumbuh cepat dan positif, terutama di sektor makanan dan minuman, pengetahuan intensif di manufaktur dan pelayanan seperti kelautan, penerbangan, kesehatan, serta IT.

"Dunia usaha di Selandia Baru sudah dikenal Asia. Seperti yang kita tahu Selandia Baru berada di garis depan dalam inovasi dan praktik bisnis yang sehat. Mulai dari pertanian hingga panas bumi (geothermal), makanan dan minuman, Forbes yang mengonfirmasikan hal ini semakin memacu Selandia Baru agar menjadi yang terbaik dalam bisnis," kata Fiona Acheson, Komisioner Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)