Situs Reservasi Online Qraved.com Marakkan Bisnis Kuliner

Jakarta Dining Index Jakarta Dining Index

Qraved.com, situs pencarian dan reservasi restoran di Jakarta mengungkapkan hasil risetnya. Menurut riset yang dilakukannya, telah terjadi pergeseran tren, yakni semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan makan di restoran. Selama 2013, tercatat jumlah kunjungan orang Indonesia ke restoran mencapai 380 juta kali dan total menghabiskan US$ 1,5 miliar.

Kebiasaan yang bergeser ini dipengaruhi oleh pertumbuhan restoran kelas menengah dan atas hingga 250% dalam lima tahun terakhir. Grup bisnis Ismaya dan Opco Indonesia dinilai sebagai jajaran grup yang sukses menarik pengunjung ke gerai mereka.

Menurut Steven Kim, Co-founder Qraved.com, “Fenomena tren makan di restoran merupakan bagian dari aktivitas sosial. Mereka biasa datang bersama rekan bisnis, teman, atau keluarga.” Lebih lanjut, Kim menyebutkan bahwa media sosial memegang peran penting karena hampir semua orang membagi pengalaman bersantap mereka pada situs media sosial mereka.

Meski demikian, Kim juga menyebutkan hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik restoran. Kim menjelaskan, restoran yang tidak memiliki sistem reservasi yang memadai akan membuat banyak pelanggan kecewa. “Banyak calon tamu kecewa ketika telepon mereka untuk reservasi tidak diangkat. Riset menunjukkan, sebagian besar melakukan reservasi pada jam sibuk saat staf restoran kewalahan melayani tamu,”papar Kim.

Selain itu, tantangan lainnya adalah tidak meratanya jumlah pengunjung sehingga menyebabkan ada jam-jam sepi. Salah satu yang melatarbelakangi Qraved.com hadir adalah untuk melayani reservasi restoran di Jakarta. Dengan situs pertama untuk mereservasi di Indonesia ini, para konsumen akan termudahkan untuk mencari berbagai restoran yang tersedia.

“Pencarian restoran secara online sepanjang 2013 mencapai 40 juta kali, ini memperlihatkan masyarakat sedang mencari cara terbaik untuk melakukan pemesanan meja di restoran, Kami juga memberikan penawaran eksklusif potongan harga bagi mereka yang melakukan reservasi di luar jam sibuk (off-peak) sehingga restoran dapat mendongkrak jumlah tamu,” kata Steven Kim.

Popularitas layanan reservasi online, lanjutnya, telah terbukti efektif seperti Bookatable di Inggris Raya, OpenTable di AS dan Dimmi di Australia. “Kami percaya Qraved.com memberikan jawaban atas kebutuhan fundamental di Indonesia,” pungkas Kim. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)