Small Car Bakal Jadi Primadona?

Ford Motor Indonesia baru-baru ini mengenalkan mobil kecil anyarnya, New Ford Fiesta, di ajang Indonesia International Motor Show 2013, di Kemayoran, Jakarta. Bagus Susanto, Managing Director Ford Motor Indonesia, berpandangan bahwa jenis kendaraan ini akan laris manis di Tanah Air.
bagus ford

"Jadi, memang kami melihat bahwasanya di seluruh dunia, kendaraan small car dengan CC 1500an ini memang akan berkembang terus seiring dengan (tumbuhnya masyarakat) kelas medium ke atas. Kendaraan ini yang akan jadi kebutuhan dan primadona bagi mereka," ujar Bagus, di sela-sela acara IIMS 2013, pekan lalu.

Menurut dia, segmen mobil kecil mempunyai sejumlah bentuk body. "Ada dalam bentuk sedan atau hatchback, sebagaimana kami tampilkan dalam New Fiesta ini. Ada juga dalam bentuk body compact SUV, seperti yang akan kami tampilkan dalam All-New EcoSport ini. Ada dalam bentuk MPV atau people mover, yang bisa digunakan untuk angkut orang yang banyak," terang dia.

Dengan berbagai bentuk tersebut, terang dia, mobil kecil akan mendominasi. Di Indonesia sendiri, ia meyakini segmen mobil kecil juga akan tumbuh secara signifikan. "(Pertumbuhan) small car di Indonesia mungkin antara 40-50 persen," ucap Bagus.

Apa yang mendorong penjualan mobil kecil melesat? Ia menyebutkan, ada banyak hal yang mendasari. Salah satunya, jumlah masyarakat yang tergolong menengah ke atas semakin besar seiring dengan ekonomi yang terus bertumbuh.

"Baik itu anak-anak muda, yang baru bekerja, atau baru dipromosikan sebagai manajer. Nah, mereka inilah yang mempunyai buying power untuk membeli kendaraan. Kalau kami lihat karakter anak-anak muda, para profesional perkotaan, mereka membutuhkan kendaraan yang lincah, modern, yang dipenuhi fitur-fitur yang canggih, yang sesuai kebutuhan mereka, namun tetap hemat bahan bakar. Karena makin lama bahan bakar makin mahal kan?."

Namun, sejauh ini, kebutuhan akan mobil kecil yang besar tersebut tidak seimbang dengan ketersediaannya. "Kalau kita lihat sekarang pasar compact SUV di Indonesia kan sebetulnya belum banyak pemain yang ada. (Maka) saya yakin ke depan segmen ini akan terus mengalami pertumbuhan," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)