Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Masih Normal

Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) menyimpulkan bahwa stabilitas sistem keuangan Indonesia berada pada kondisi yang normal. Kesimpulan itu didasarkan pada assessment yang telah dilakukan.

Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia

"Secara umum, walaupun ada risiko, masih tetap terkendali dan kita dalam situasi yang relatif baik," ucap Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia, seusai menghadiri rapat FKSSK, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (28/12/2012) siang.

Dijelaskan dia, pertemuan yang terjadi hari ini dilakukan sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Rapat dilakukan secara berkala setiap 3 bulan. Kali ini, agenda rapat adalah asesmen kondisi stabilitas sistem keuangan dalam 3 bulan terakhir.

Assessment dilakukan dengan melihat perkembangan ekonomi global dan kondisi domestik. Di domestik, kondisi makroekonomi, pasar keuangan, dan sektor perbankan menjadi bagian yang diperhatikan.

Di sisi global, krisis di Eropa dan isu jurang fiskal di Amerika Serikat telah menggoyang perekonomian dunia. Misalnya saja, pertumbuhan ekonomi India dan Cina ternyata tidak bisa mencapai apa yang ditargetkan. Ekonomi Indonesia juga tak luput dari buruknya kondisi ekonomi dunia.

Karena harga komoditas migas dan non migas terus turun di pasar internasional maka nilai ekspor-impor dan neraca transaksi berjalan nasional pun terkena imbasnya. Bambang Brodjonegoro, Koordinator Sekretariat FKSSK, menambahkan bahwa jumlah ekspor batubara dan minyak nabati mengalami penurunan meskipun volumenya meningkat, akibat turunnya harga komoditas. Sementara itu, secara keseluruhan, impor justru melonjak. Impor yang meningkat adalah untuk bahan baku dan barang modal. Berangkat dari kondisi itu, defisit neraca perdagangan ditaksir mencapai 2,3 persen dari Produk Domestik Bruto pada kuartal keempat.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)