Strategi Kaspersky Lindungi Anak-anak dari Ancaman Situs Online

Laporan terbaru Kaspersky Lab menunjukkan bahwa anak-anak di seluruh dunia menghabiskan sebagian besar waktu online mereka dengan cara menggunakan alat komunikasi seperti jejaring sosial, e-mail, chatting, dll (sebesar 67% dari keseluruhan aktivitas online), website game (11%) dan website yang berisi informasi tentang alkohol, narkotika dan tembakau (9%) masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Pada saat yang sama, terlihat jelas adanya perbedaan aktivitas online yang diminati oleh anak-anak di berbagai negara.

The websites kids visit The websites kids visit

Dalam laporan ini terdapat statistik yang dihasilkan solusi Kaspersky Lab bagi Windows PC dan Mac ketika modul Parental Control diaktifkan, selama periode 12 bulan, yang menampilkan jumlah kunjungan atau usaha untuk mengunjungi website dengan konten yang berpotensi berbahaya dan diklasifikasikan sebagai salah satu dari 14 kategori berbahaya yang telah ditetapkan.

Statistik juga menunjukkan bahwa selama periode 12 bulan ini, anak-anak mengurangi kunjungan ke media komunikasi dan situs bertema dewasa. Kecenderungan ini dapat dijelaskan karena anak-anak memindahkan sebagian besar kegiatan sensitif mereka ke perangkat mobile, yang tidak termasuk dalam laporan.

“Untuk mencegah anak-anak berhadapan dengan konten berbahaya, orang tua perlu mengkombinasikan solusi keamanan yang komprehensif dengan komunikasi yang konstan. Komunikasi ini berguna untuk mendidik pengguna muda tentang ancaman online dan membantu membangun hubungan saling percaya dalam keluarga, Sementara solusi keamanan memberikan dasar untuk komunikasi tersebut dan lingkungan yang aman untuk semua keluarga," kata Anna Larkina, Senior Web Content Analyst di Kaspersky Lab.

Solusi untuk konsumen, Kaspersky Total Security – Multi-Device dan Kaspersky Internet Security – Multi-Device, memiliki modul Parental Control untuk membantu orang dewasa melindungi anak-anak mereka terhadap ancaman online dan memblokir situs atau aplikasi dengan konten yang tidak pantas.

Selain itu terdapat pula Safe Kids yang memungkinkan orang tua untuk memantau apa yang anak-anak mereka lakukan, lihat atau cari secara online di semua perangkat, dan untuk menunjukkan kepada mereka apa yang berbahaya atau tidak ketika online.

Kategori situs yang diblokir oleh modul Parental Control dalam solusi Kaspersky Lab, diantaranya konten dewasa; alkohol, tembakau, narkotika; permainan komputer; E-commerce; bahasa eksplisit; perjudian, lotere, undian; pengalihan permintaan HTTP; media komunikasi internet; pencarian kerja; media berita; agama, asosiasi keagamaan; software, audio, video; kekerasan; senjata, bahan peledak, piroteknik.

Kategori paling populer bagi anak-anak di Meksiko (86%), Rusia, Brasil dan Italia (sedikit diatas 70%) adalah "media komunikasi melalui internet". Sementara yang paling sedikit menggunakan media komunikasi selama periode ini adalah anak-anak di Cina (30%), Jerman (31%) dan Inggris (32%). Hal yang menarik adalah kurang populernya kategori ini di sebuah negara, maka semakin populer kategori "game komputer" di negara tersebut. Anak-anak di Inggris (28%), Jerman (26%) dan Australia (21%) yang paling sering bermain game online, sementara anak-anak di Meksiko (4%), Italia (6%) dan Jepang (7%) kurang sering melakukannya.

Dalam hal menonton video, mendengarkan musik dan mengunduh software, sangat jelas anak-anak di Jepang menempati urutan teratas (12% dari keseluruhan notifikasi Parental Control). Mereka juga lebih sering berbelanja online (17%), sama halnya dengan anak-anak dan remaja di Cina (20%). Kategori "alkohol, tembakau dan narkotika" meraih notifikasi Parental Control paling banyak di Jerman (23%) dan Inggris (25%). Sementara, konten dewasa memunculkan notifikasi Parental Control terbanyak bagi anak-anak yang tinggal di Cina (23%) dan Jepang (5%). Topik ini menjadi topik yang kurang menarik bagi anak-anak di Inggris dan Amerika Serikat (keduanya kurang dari 1%). (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)