Studi SEANUTS Cek Status Gizi Mendalam

South East Asia Nutrition Survey (SEANUTS)  melakukan studi tentang status gizi mendalam di 4 negara di ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Studi ini dilakukan selama 12 bulan yang bertujuan untuk meneliti status gizi, pertumbuhan, pola pola makan serta  asupan gizi anak-anak rentang usia 6 bulan hingga 12 tahun. Studi ini dilaksanakan dengan melibatkan organisasi terkait di masing-masing negara tersebut dan protokol survei dilakukan dengan jumlah dan wilayah yang dapat memberikan data nasional yang representatif.

Di Indonesia, SEANUT dilaksanakan bersama PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia). SEANUTS Indonesia melibatkan 7.200 anak-anak; Malaysia (Universiti Kebangsaan Malaysia/ 3.304), Thailand (Mahidol University / 3.100) ; Vietnam (Vietnam National Institute of Nutrition / 2.880). Khusus di Indonesia, studi yang dilakukan mulai Januari hingga Desember 2011 di 48 kabupaten/kota dari 25 provinsi.

SEANUTS di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan data yang saat ini tidak tersedia dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai status gizi anak-anak, khususnya dari pola dan makanan yang dikonsumsi, kandungan gizi makro dan mikronya, serta dampaknya terhadap petumbuhan fisik dan kognitif mereka.

Hendro Harijogi Poedjono, Director Public Affairs and Regulatory Affairs Friesland Campina AMEA/African-Middle East-Asia, mengharapkan bahwa hasil temuan SEANUTS dapat menjadi salah satu landasan data untuk penelitian lebih lanjut. SEANUT menjadi sarana dalam melengkapi data yang telah ada dan menyusun program intervensi yang tepat. Oleh karena itu diperlukan advokasi kepada para pembuat kebijakan dan pengambil keputusan sehingga pada saat penyusunan program perbaikan gizi informasi ini dapat digunakan secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak Indonesia.

“Hasil studi SEANUTS ini juga akan digunakan untuk pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak di masing-masing negara peserta SEANUTS,” tambah Hendro H. Poedjono. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)