Survei Jobstreet: Mayoritas Karyawan Tidak Puas dengan Fasilitas yang Diterima

Perusahaan situs pencari kerjas, Jobstreet mengadakan survei kepada karyawan mengenai kepuasan tunjangan dan fasilitas yang diterima di kantor mereka. Dari 4331 responden yang ditanya, sebanyak 77,34% menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap fasilitas dan tunjangan yang diterima dari tempat bekerja.

Infografis - 77,34% Karyawan Tidak Puas Dengan Tunjangan yang DiterimaPerusahaan bagian dari SEEK Asia itu melakukan sigi pada periode Desember 2015 hingga Januari 2016. Dalam riset tersebut ditemukan berbagai faktor yang membuat karyawan tidak puas dengan tunjangan dan bonus yang diterima, di antaranya soal tunjangan. Menurut PR & Social Media Senior Executives, Hamzah Ramadhan, soal tunjangan karyawan menuntut tunjangan sebagai faktor utama pendukung pekerjaannya. Bentuk tunjangan yang diberikan antara lain konsumsi, periode cuti berkala, liburan atau transportasi.

"Sebanyak 52,16% mengatakan bahwa tunjangan hari raya menjadi alat utama bagi perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan. Lalu, 83,94% responden menganggap bahwa perusahaan tidak mengganggap prestasi seorang pegawai sebagai faktor pertimbangan agar mereka mendapatkan tunjangan tambahan,"jelas Hamzah.

Selain itu, 22,30% berharap untuk diberikan tunjangan transportasi, 10,15% ingin mendapat tambahan tunjangan konsumsi dan 4,81% berkeinginan untuk menerima tunjangan telekomunikasi.

Selanjutnya, soal jumlah tambahan bonus. Pemberian bonus dalam bentuk finansial dapat memberikan efek positif dengan adanya peningkatan motivasi bekerja. Akan tetapi, jika hanya 73% responden yang menerima tunjangan sebanyak satu kali dalam periode dua belas bulan, maka dampak yang diberikan tidak akan signifikan.

Menurut data yang didapat, hanya 14,10% responden yang menerima bonus sebanyak dua kali dan 6,06% responden yang mendapatkan tunjangan diatas empat kali. Dan hanya 13% responden yang dianggap perusahaan pantas menerima tunjangan dengan menunjukkan loyalitas. Sebanyak 37% responden menyatakan kalau mereka telah bekerja di perusahaan tersebut lebih dari tiga tahun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)