Survei: Kerja di Luar Negeri Lebih Menarik, Ini Alasannya

Rumput tetangga memang selalu lebih hijau. Dari hasil survei JobStreet.com Indonesia kepada 4.600 responden pencari kerja selama kurun Februari-Maret 2016, diketahui mayoritas pencari kerja di Indonesia siap hijrah dan bekerja di luar negeri. Faktor utamanya adalah tidak bahagia di tempat kerjanya yang lama serta mengharap tunjangan yang memadai.

Sebanyak 2.400 pencari kerja tak segan pindah kerja di luar negeri karena mendapat tawaran gaji yang lebih besar. Apalagi jika mereka juga mendapat kesempatan untuk mengembangkan karier lebih pesat. Bentuk pekerjaan yang lebih menantang juga menjadi hal yang diinginkan oleh 1.000 pencari kerja sebagai motivasi untuk bisa meraih kebahagiaan saat bekerja.

Tiadanya tantangan menjadi salah satu faktor yang membuat mereka tidak bahagia di tempat kerjanya sekarang. Kurangnya variasi pekerjaan adalah penyebab utamanya di mata 2.500 responden. Manakalah perusahaan tidak memikirkan tentang bentuk pekerjaan yang dapat mengembangkan keahlian, karyawan akan mudah bosan.

karyawan

Semua karyawan ingin mendapatkan pengalaman baru saat menempati posisi di satu perusahaan. Namun, kenyataannya mereka tidak mendapatkan kesempatan yang cukup karena berbagai faktor. Ini bahkan yang terjadi pada 2.100 pencari kerja yang telah bekerja selama 5-15 tahun di satu perusahaan. Mereka menilai variasi bentuk pekerjaan menjadi faktor penting agar bisa selalu memperkaya diri dengan hal-hal baru.

Faktor lain yang membuat karyawan bahagia dan selalu bisa menghasilkan kinerja yang cemerlang adalah memiliki rekan kerja yang kooperatif, fasilitas tunjangan yang memadai, dan jenjang karier yang menjanjikan. Itu semua juga bisa menjadi motivasi dalam bekerja. Tak diragukan, tunjangan finansial yang lebih tinggi adalah faktor utama yang membuat banyak orang rela merantau keluar negeri.

Meski begitu, 600 pencari kerja dalam survei ini masih menyatakan keinginnannya untuk bekerja di dalam negeri. Mereka merasa masih banyak hal yang harus dipelajari di tempat bekerja sekarang. Masih banyak pula pencari kerja yang terikat kontrak sehingga pilihan untuk pindah kerja tidak memungkinkan. Sedangkan, kenyamanan bekerja juga menjadi kontribusi yang membuat para pegawai enggan untuk meninggalkan tanah air demi untuk bekerja di luar negeri.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)