Survei MarkPlus: Shopee Brand Paling Diingat Konsumen E-Commerce

MarkPlus Inc. telah melakukan survei kepada 500 responden terkait e-commerce yang paling diingat masyarakat di Indonesia pada kuartal III tahun 2020. Hasil penelitian tersebut menunjukkan brand Shopee paling diingat konsumen.

"Berdasarkan hasil responden di kota-kota besar dengan penetrasi Internet yang tinggi, Shopee merupakan e-commerce dengan tingkat top of mind tertinggi untuk saat ini dengan persentase 71 persen," kata Head of Communication, Hi-Tech and Media Industry MarkPlus Inc. Resha Dwi Prabowo, dalam diskusi virtual bertajuk 'MarkPlus Insight: Peta Persaingan E-Commerce di Indonesia Kuartal III', Kamis, 17 September 2020.

Peringkat kedua diikuti Tokopedia dengan persentase 15 persen, serta peringkat ketiga Lazada 8 persen. Dari enam pasar digital pada suvei periode Juli-September 2020 ini, peringkat keempat yang paling diingat adalah Bukalapak 2 persen, Blibli 1 persen, dan peringkat keenam JD.ID 1 persen.

Menurut Resha, peringkat yang mempengaruhi ingatan masyarakat itu dipengaruhi iklan televisi sebanyak 83 persen, iklan media sosial atau website 73 persen, dan YouTube 70 persen. Hal itu, kata dia, menjadi efektif untuk brand e-commerce di Indonesia, terutama YouTube yang kini banyak diakses masyarakat di Indonesia. "Terutama di masa pandemi Covid-19 ini," katanya. 

Peringkat pertama yang diduduki Shopee berdasarkan petunjuk survei tersebut menunjukkan e-commerce tersebut sangat masif mengkampanyekan produknya, terutama di online channel. "Apalagi di YouTube, iklannya sering Shopee," ujar dia.

Shopee juga menduduki peringkat pertama sebagai pasar digital yang paling eksis dalam persentase 90 persen. Sementara di peringkat kedua diikuti Tokopedia 58 persen, dan ketiga ada Lazada 35 persen. Shopee, Tokopedia, dan Lazada menurut kesimpulan Resha, merupakan tiga e-commerce yang paling sering digunakan di tiga bulan terakhir.

Hal itu tidak terlepas dari promo dan kampanye yang dilakukan secara rutin dan dianggap menarik buat masyarakat Indonesia, sehingga ketiga pasar elektronik tersebut menduduki peringkat satu hingga tiga. Adapun Bukalapak, Blibli, dan JD.ID mengikuti peringkat 4, 5, dan 6 dalam melakukan kampanye produk.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)