Survei Nielsen: Tak Bisa Hidup Tanpa Ponsel

Telepon genggam telah mengambil alih banyak hal dalam hidup. Belanja ritel, perbankan, dan hiburan kini semudah menggerakkan jari-jemari di smartphone. Itulah kenapa banyak orang tidak bisa hidup tanpa ponsel dalam genggaman.

Dari hasil survei Nielsen Mobile Shopping, Banking and Payment Report, 53% konsumen global merasa tidak tenang jika berada jauh dari perangkat mobile mereka. Sebanyak 56% menyatakan tidak dapat membayangkan hidup tanpa perangkat mobile, dan 70% menyatakan perangkat mobile membuat hidup mereka menjadi lebih baik.

Dua pertiga responden global setuju bahwa interaksi tatap muka saat ini digantikan oleh interaksi melalui elektronik, namun itu mungkin tidak jadi masalah karena hampir setengah (47%) mengatakan bahwa mereka lebih suka berkomunikasi dengan teks daripada berbicara langsung.

Suasana acara Belanja Kalap di Mal Kalibata Suasana acara Belanja Kalap di Mal Kalibata

Perangkat mobile sukses merevolusi dunia ritel dan perbankan dengan memasukkan layanan keuangan kepada sekitar 2 juta konsumen yang tidak memiliki rekening bank di seluruh dunia. Pertumbuhan akses pembayaran nontunai bakal menciptakan tambahan belanja konsumen sebesar US$ 10 triliun dalam sepuluh tahun mendatang.

“Mobile commerce memiliki implikasi yang sangat besar pada keseluruhan ekosistem ritel. Perangkat mobile tidak hanya membawa konsumen baru ke ekonomi yang modern dan terhubung, tapi juga memberikan pengalaman yang dapat lebih personal, karena produk dan jasa dapat lebih disesuaikan dengan perilaku, kebutuhan dan preferensi konsumen," kata Stuart Tagg, Financial Services Leader, Nielsen Eropa.

Untuk mendorong penerimaan dan penggunaan, pelaku bisnis harus memulainya dengan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana konsumen berbelanja dan bertransaksi dalam dunia digital, dan kemudian menggunakan pemahaman itu untuk merancang strategi-strategi seputar kebiasaan dan preferensi mereka.

Perangkat mobile adalah ‘teman belanja’ yang sangat diperlukan untuk membandingkan harga (53%), mencari informasi tentang produk (52%), membuat keputusan belanja yang lebih baik (42%), membuat perjalanan belanja menjadi lebih cepat atau lebih efisien (41%) dan membeli produk (38%).

Di seluruh dunia, 38% responden membeli produk atau jasa menggunakan perangkat mobile dalam 6 bulan terakhit, dan 34% mengatakan bahwa mereka telah menggunakan aplikasi mobile untuk melakukan pembelian pada periode yang sama. Setengah responden di Cina, India, Korea Selatan (47%) dan Vietnam (46%) membeli produk atau jasa menggunakan perangkat mobile dalam enam bulan terakhir.

Secara global, aktifitas perbankan mobile seperti mengakses informasi rekening (47%) dan membayar tagihan (42%) adalah yang lebih umum dilakukan dibandingkan dengan mentransfer uang antar bank (36%). Negara-negara dengan tingkat tertinggi dalam penggunaan perbankan mobile termasuk Cina, Afrika Selatan, Venezuela, India dan Swedia.

Transaksi yang dilakukan hanya melalui perangkat mobile paling populer di negara-negara berkembang dengan populasi penduduk tanpa rekening bank (unbanked population) yang besar, dengan tingkat tertinggi di India (46%), Indonesia (37%), Meksiko (34%) dan Turki (34%).

Nielsen Mobile Shopping, Banking and Payment Survey dilaksanakan pada 1 – 23 Maret 2016 dan mensurvei lebih dari 30.000 konsumen online di 63 negara di seluruh Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara. Survei digelar untuk memahami bagaimana perangkat mobile saat ini mempengaruhi tiga aktifitas yang berbeda namun saling berhubungan: belanja, perbankan dan pembayaran.

Nielsen menganalisa jenis-jenis aktifitas belanja, perbankan dan pembayaran melalui mobile yang saat ini banyak dilakukan responden. Sampel adalah pengguna internet yang telah setuju untuk berpartisipasi dalam survei ini dan memiliki kuota berdasarkan umur dan jenis kelamin untuk tiap negara. Sampel diboboti untuk dapat mewakili konsumen internet tiap negara.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)