Survei SCB: Konsumen 5 Negara Harapkan Pertumbuhan Ekonomi Membaik

photo 3(1)

Standard Charterd Bank (SCB) beberapa waktu lalu menyelenggarakan survei yang digelar di lima negara berkembang. Kelima negar tersebut adalah Indonesia, India, Ghana, Kenya, Nigeria. Ada hasil menarik mengenai survei yang dilakukan tersebut.

Dari survei yang melibatkan 5.000 responden, ditemukan bahwa konsumen di negara-negara India, Indonesia dan Nigeria mengharapkan pertumbuhan ekonomi terus terjadi. Sementara itu, terkait dengan kondisi finansial mereka, penduduk di lima negara tersebut optimis akan terus membaik.

Selain mengungkap optimisme penduduk lima negara tersebut, survei ini juga mengungkap adanya perbedaan yang besar pada latar belakang dan status para pekerja yang merupakan kelas menengah. Penduduk Indonesia dan India sebesar 77% cenderung bekerja pada perusahaan-perusahaan lokal, sementara mayoritas kelas menengah Afrika adalah self-employed.

Dengan optimisme tersebut, terdapat kecenderungan kelas menengah dalam membelanjakan hartanya. “Di Indonesia, kita bisa melihat bahwa mobil murah dengan kapasitas banyak begitu laku di pasaran. Jalanan pun semakin penuh,” terang Fajar Septandri Maharjaya, Head of Business and Corporate Communications SCB Indonesia.

Lebih lanjut, Fajar juga menyebutkan tren melakukan travelling, juga makin meningkat dengan Eropa menjadi salah satu destinasi yang paling diminati. Selain itu, kelas menengah juga gemar membelanjakan kekayaan mereka dengan membeli barang mewah dan bermerek seperti barang elektronik maupun fashion. Barang dengan teknologi terkini menjadi sangat populer di lima negara tersebut.

Kemudian mereka lebih banyak menabung dan berinvestasi serta memilih pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Mereka sadar bahwa pendidikan merupakan gerbang bagi masa depan yang lebih baik, membuka kesempatan lebih besar dan juga pada segi finansial. Setidaknya, 50% orang Indonesia, India, Nigeria dan Ghana yakin bahwa mereka dapat menjangkau pendidikan yang mereka pilih pada lima tahun yang akan datang.

Peter Sands, CEO Standard Chartered Bank, mengatakan, “Pertumbuhan kelas menengah yang begitu pesat menjadi faktor yang mendorong pertumbuhan di negara-negara berkembang. Mereka optimis terhadap pertumbuhan kekayaan mereka dan memiliki aspirasi yang jelas untuk membangun hidup mereka lebih baik.”

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)