Survei: Tidak Ada Tanda Kebosanan 'Main' Facebook

Bagi para pengiklan ataupun pelaku pemasaran, muncul kabar gembira. Berdasarkan studi Pew Research Center, pengguna Facebook yang memanfaatkan jejaring sosial itu sejak 2004 (tahun didirikannya Facebook) ternyata belum menunjukkan tanda kebosanan dalam posting foto, perbarui status dan lainnya. Karena itu, Facebook masih cocok menjadi media promosi.

Informasi tersebut berdasarkan survei di Amerika Serikat sejak November 2010. Memang, popularitas Facebook cukup dipertanyakan mengingat jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg berencana untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) dengan dana incaran US$ 4 miliar. Menjelang IPO, salah satu kekhawatiran adalah kemungkinan Facebook ditinggalkan konsumen yang merasa tak lagi 'seru' mengotak-atik status, tombol 'suka', mengomentari status teman, unduh foto dan lainnya.

Ternyata, berdasarkan studi terbaru itu, semakin 'tua' pengguna berada di jejaring sosial itu maka semakin sering ataupun rutin mereka memanfaatkan Facebook. Apalagi, semakin lama beraktivitas di Facebook maka semakin banyak pula teman di situs tersebut sehingga keterlibatan semakin besar.

“Semakin banyak teman yang dimiliki seorang pengguna Facebook maka semakin banyak pula aktivitas yang dilakukan seperti berteman, liking, berkirim pesan pribadi, berkomentar, mengunduh foto atau video, membuat grup tertentu dan lainnya,” tulis studi Pew. Survei ini berdasarkan wawancara via telepon dengan 2.225 masyarakat AS berusia dewasa.

“Memeriksa aktivitas orang di lingkungan yang baru ini menegaskan salah satu kebenaran tertua tentang nilai persahaban,” kata Lee Raine, Kepala Divisi Internet Pew. “Seseorang yang aktif dalam lingkup sosial memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mendapatkan pertolongan maupun bantuan emosional yang merka butuhkan. Facebook saat ini memiliki 845 juta pengguna aktif setiap hari.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)