Survey Nielsen: Konsumen Yakin Resesi Berakhir Tahun Ini

Situasi ekonomi dunia masih belum menentu. Tak heran, masyarakat di banyak negara tak yakin ekonomi akan cepat pulih. Ini semua terangkum dalam Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions yang digelar 2-25 November 2015 lalu.

Ada lebih dari 30.000 konsumen online di 61 negara di seluruh Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara. Sampel dipilih berdasarkan usia dan jenis kelamin untuk pengguna internet di tiap-tiap negara yang telah di cek dan pertimbangkan sebagai representatif dari pengguna internet.

Keyakinan Konsumen Global di akhir tahun 2015 turun dibanding kuartal sebelumnya. Indonesia kembali menempati posisi 3 teratas di seluruh dunia. Dua negara Asia lainnya, yaitu India dan Filipina masing-masing menempati posisi pertama dan kedua.

CCI Q4 2015 Deck_FINAL-page-001

Hanya Eropa yang menunjukkan peningkatan. Sementara, wilayah Asia Pasifik tidak berubah. Beberapa negara Asia Pasifik masih masuk jajaran 10 negara teroptimis di dunia. India masih berada pada tingkat tertinggi. Pun dengan Filipina yang bertahan pada posisi kedua sama.

“Hampir seluruh wilayah di dunia mengakhiri tahun 2015 dengan tingkat keyakinan yang menurun dibandingkan saat awal tahun (kuartal pertama),” kata Agus Nurudin, Managing Director Nielsen Indonesia dalam rilisnya.

Konsumen di Indonesia yakin dengan prospek lapangan kerja dalam 12 bulan ke depan. Mereka juga optimis kondisi keuangan pribadi akan membaik. Hanya saja, optimisme mengenai keinginan atau niat untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan menurun.

Indonesia menjadi 3 teratas negara yang paling optimis di dunia. Disusul, Thailand di posisi keempat. Vietnam dan Cina berada di urutan ke-6 dan ke-8 secara global berbekal kenaikan skor dibanding kuartal sebelumnya.

Lebih dari setengah responden di seluruh dunia percaya ekonomi domestik masih akan melambat sepanjang kuartal IV-2015. Tapi, lebih banyak konsumen Indonesia percaya resesi akan berakhir dalam satu tahun ke depan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Kepercayaan Publik pada Pemerintah Turun, kepada Dunia Bisnis Naik

Hasil dari Edelman Trust Barometer 2016 menunjukkan bahwa masyarakat masih memiliki kepercayaan yang tertinggi terhadap bisnis dibanding kepada pemerintah, LSM...

Close