Tahun Baru, Turis Lokal Buru Bandung & Bali

Ketua Umum Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Asnawi Bahar memprediksi akan ada peningkatan lebih dari 10 persen perjalanan wisatawan domestik dari target yang diterapkan pemerintah tahun ini yaitu 255 juta perjalanan. "Peak season ini memberikan kontribusi terbesar dalam menyerap wisatawan domestik, "ujar Asnawi saat dihubungi Tempo, Kamis, 24 Desember 2015.

Asnawi menjelaskan kenaikan paling besar disumbang dari peak season yang saat ini sedang berlangsung. Musim liburan ini, ujar Asnawi, tak berhenti pada akhir Desember saja namun, berlanjut hingga awal Januari. " khusus bulan ini saja ada 52 juta perjalanan. Dan masih akan terus bertambah, " ujarnya. Jumlah perjalanan pada peak season meningkat di atas 20 persen dibandingkan dengan periode lainnya.

Tujuan yang paling banyak diincar wisatawan domestik, ujar Asnawi, adalah Bandung dan Bali. "Daerah tersebut menjadi pilihan wisatawan lantaran memiliki daerah wisata yang alam yang baik."

Pura Tirta Empul, Ubud, Bali (Foto: IST) Pura Tirta Empul, Ubud, Bali (Foto: IST)

Asnawi meyakini industri pariwisata bisa berkembang pesat meski kondisi ekonomi sedang lemah. Saat ini wisata sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dilepaskan oleh masyarakat. "Semua kalangan masyarakat atas dan bawah berwisata tapi tentu disesuaikan dengan kondisi keuangan, "ujarnya.

Di samping mengejar target wisatawan domestik, pemerintah juga mengejar target kunjungan turis sebanyak 20 juta di 2019. Untuk terus menggenjot wisatawan domestik maupun wisatawan asing, Kementerian Pariwisata melakukan sejumlah program di antaranya dengan meluncurkan lima destinasi wisata kuliner unggulan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan kelima destinasi wisata kuliner unggulan itu adalah Bandung, Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Bali. "Diharapkan bisa terus bertambah seiring dengan berkembangnya potensi kuliner dan kesiapan Pemda," ujar Arief.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)