Tim Arjuna UGM Ramaikan IIMS 2016 dengan Mobil Listrik

Indonesia International Motor Show (IIMS) memang selalu mengahadirkan segala hal tentang otomotif. Menariknya, tidak hanya dari merek ternama, IIMS 2016 juga menghadirkan beberapa Perguruan Tinggi Indonesia yang membuat mobil listrik. Beberapa di antaranya adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Politeknik Negeri Jakarta dan Universitas Islam Indnonesia.

“Arjuna” adalah nama tim dari Universitas Gajah Mada yang mengikuti IIMS 2016. Nama unik ini bukan tanpa filosofi mereka pilih. Arjuna yang merupakan nama dari salah satu tokoh wayang merupakan sosok yang gagah, tangguh dan berani. Tentunya dengan harapan dapat menciptakan mobil yang kokoh dengan desain yang menarik ke depannya.

IMG-20160416-WA0009“Ini adalah mobil listrik generasi ke-4 yang dibuat oleh tim Arjuna, setelah sebelumnya mobil generasi ke-1 dibuat  tahun 2010. Ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang. Dan kita kan pakai listrik jadi lebih irit dan tidak menimbulkan polusi,” kata Rizki, tim Arjuna.

Tim yang terdiri dari 22 mahasiswa Fakultas Teknik ini membuat mobil listrik yang hanya membutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk di-charge hingga penuh. Mobil tersebut juga dapat digunakan untuk jarak tempuh sejauh 40 km.  “Mobil ini masih dalam riset-riset untuk terus dikembangkan lagi. Dari awal mobil generasi ke-1 hingga sekarang generasi ke-4, terus ada inovasi di setiap generasi,” lanjutnya.

Rizki menambahkan,  perbedaan mobil listrik besutan ia dan timnya ini adalah penggunaan aki yang sudah diganti dengan baterai. “Kalau pakai aki lebih berat. Kalau pakai baterai kan lebih ringan dan kecepatan juga bisa lebih cepat,” katanya menjelaskan.

Proses pembuatan mobil ini dibutuhkan waktu sekitar 9 bulan. Mulai dari pembuatan konsep dan desain mobilnya yang memakan waktu hingga 6 bulan. Dan tiga bulan untuk pemasangan mobil.

Berbagai penghargaan sudah berhasil diraih oleh tim Arjuna mulai dari generasi ke-1 hingga generasi ke-4 ini. Di antaranya, juara ketiga IDEA Connect UGM Competition 2013, juara 3 Efficiency Kompetisi Mobil Listrik Indonesia V 2013, juara pertama Velocuty (Race) Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VI 2014, juara 3 Acceleration Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VI 2014, The Best Team Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VII 2015, juara 2 Acceleration Kompetisi Mobil Listrik VII 2015, dan juara 2 Declaration Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VII 2015.

Dengan penghargaan yang sudah diraih, tahun 2017 nanti tim Arjuna optimis untuk mengikuti kontes mobil formula tapi jenis mobil listrik di Jepang. “Dengan mengikuti IIMS 2016 ini kami berharap dapat  bersama kami. Karena untuk kompetisi di Jepang nanti pastinya kami akan membutuhkan dana yang sangat besar,” tutup Rizki.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)